Rehabilitasi Bendungan Situ Lembang Bandung Barat Selesai Dilakukan

Rembangnews.com – Rehabilitasi Bendungan Situ Lembang yang berlokasi di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat telah selesai dilakukan.

Total dana yang dihabiskan mencapai Rp43,802 miliar. Pengerjaan rehabilitasi sendiri telah dilakukan sejak tahun 2022 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Rehabilitasi dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan optimalisasi fungsi bendungan. Selain itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peningkatan dilakukan untuk menghadapi tantangan perubahan iklim.

“Salah satu adaptasi perubahan iklim dapat dilakukan dengan mengoptimalkan dan merehabilitasi bendungan, termasuk Bendungan Situ Lembang di Kabupaten Bandung Barat ini,” ujarnya dilansir dari Kompas.

Baca Juga :   Operasi Pemberantasan Penyakit Masyarakat Digencarkan

Sementara itu, Kepala BBWS Citarum Bastari mengatakan bahwa perbaikan yang dilakukan meliputi perbaikan tubuh bendungan, pengerukan sedimen fasilitas hingga penambahan sarana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *