Guna Penuhi Kebutuhan Penyandang Disabilitas, Keberadaan Data Difabel Dinilai Penting

Rembang, Rembangnews.com – Keberadaan data difabel dinilai penting. Sayangnya, saat ini data tersebut masih belum lengkap.

Perwakilan disabilitas dari Kecamatan Sarang, Syahroni mengatakan bahwa data difabel perlu dikelompokkan berdasarkan jenis usaha atau keterampilan mereka.

Ia mengatakan bahwa data tersebut bisa membantu atau menjadi acuan pemerintah untuk memberikan bantuan berupa pendampingan.

“Tolong dipetakan, ini pengusaha batik, ini pengusaha minuman. Data itu bisa menjadi acuan pemerintah untuk memberikan semacam pendampingan,” ucapnya.

Sementara itu, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Rembang mengatakan bahwa pihaknya memiliki program perlindungan pemerlu kesejahteraan sosial (Ayang Mesra) yang akan diuji coba di 3 kecamatan.

Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Rembang, Prapto Raharjo mengatakan bahwa kecamatan itu diantaranya Kecamatan Lasem, Kecamatan, Sulang dan Kecamatan Kragan.

Baca Juga :   SD N Ngemplak Lasem Tampilkan Program Keren di Festival Merdeka Belajar Borobudur

Pendataan akan dilakukan mulai dari tingkat desa dan sementara ini tercatat sekitar 405 penyandang disabilitas yang terdata melalui program Ayang Mesra. Saat ini penyandang disabilitas di Kabupaten Rembang berjumlah 2.577 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *