Waspada! Tak Hanya Musim Hujan, Nyamuk Juga Bisa Berkembang Saat Musim Kemarau

Rembangnews.com – Tak hanya berkembang biak pada musim hujan, nyamuk ternyata juga bisa berkembang biak saat musim kemarau. Utamanya nyamuk yang menjadi penyebab Demam berdarah dengue (DBD).

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan sangat identik dengan musim hujan.

Hal ini dikarenakan musim hujan akan membuat genangan-genangan air yang menyebabkan nyamuk berkembang biak dengan sangat baik.

Oleh karena itu, kita patut waspada. Hal ini dikarenakan selama masih ada genangan air seperti di barang bekas, di gudang rumah atau bak mandi yang jarang dikuras, maka nyamuk akan tetap mudah berkembang.

Berikut ini adalah beberapa beberapa tips terhindar dari infeksi virus dengue yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegypti, diantaranya adalah:

Baca Juga :   Tips Terhindar dari Social Media Addict

1.Terapkan 3M plus, yaitu Menguras, Menutup, dan mendaur ulang.

  1. Menggunakan repellent atau obat oles anti nyamuk
  2. Memasang kelambu di kamar tidur dan kasa pada setiap lubang ventilasi dan jendela
  3. Memperoleh vaksin dengue
  4. Konsumsi rutin Vitamin C

Dengan menerapkan beberapa tips terhindar dari DBD di atas, diharapkan dapat meminimalisir paparan demam berdarah dengue. Tetap terapkan budaya hidup bersih dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala DBD seperti mual, sakit kepala, hingga muncul ruam merah pada kulit agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *