Mengenal Penyakit Polio dan Penyebabnya

Rembangnews.comPenyakit polio merupakan salah satu penyakit yang menular. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak di bawah umur 5 tahun.

Penularan polio bisa terjadi melalui mulut, melalui air, atau melalui makanan yang terkontaminasi dengan bahan feses dari orang yang terinfeksi.

Virus polio akan berkembang biak di usus. Kemudian diekskresikan oleh orang yang terinfeksi di feses. Virus ini dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan.

Penyebab Polio

Penyakit ini disebabkan oleh poliovirus. Masa inkubasi biasanya 7-10 hari tetapi dapat berkisar antara 4-35 hari. Virus bisa masuk ke tubuh melalui mulut dan berkembang biak di usus, kemudian menyerang sistem saraf.

Pengobatan Polio

Mencegah polio dapat dilakukan dengan rutin melakukan imunisasi. Anak yang tervaksin dapat terlindungi seumur hidup.

Baca Juga :   Rekomendasi Warna Cat Rumah yang tren 2024

Diperkirakan 1,5 juta kematian anak telah dicegah melalui pemberian vitamin A secara sistematis selama kegiatan imunisasi polio.

Perawatan untuk polio fokus pada membatasi dan mengurangi gejala. Terapi panas dan fisik dapat digunakan untuk merangsang otot dan obat antispasmodik digunakan untuk mengendurkan otot yang terpengaruh. Ini dapat meningkatkan mobilitas tetapi tidak membalikkan kelumpuhan polio permanen. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *