Sebanyak 11 Sekolah di Rembang Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Jateng

Rembang, Rembangnews.comSebanyak 11 sekolah di Kabupaten Rembang meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rembang, Ika Himawan melalui Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda, Rudi Setiawan mengatakan bahwa ada 6 aspek yang dinilai dalam kegiatan adiwiyata meliputi kebersihan, sanitasi, konservasi air, konservasi energi, pengelolaan sampah dan inovasi.

6 aspek tersebutlah yang telah berhasil dilaksanakan 11 sekolah. Diantaranya SDN Magersari, SDN Sidomulyo, SDN 1 Sulang, SDN 1 Babaktulung dan SDN 2 Gunem. Sementara jenjang SMP yaitu SMPN 1 Sarang, SMPN 1 Bulu, SMPN 1 Sulang, SMPN 2 Kaliori, MTS Negeri 4 Rembang dan MTS Negeri 1 Rembang.

“11 sekolah ini, tahun 2025 dapat kami usulkan ke tingkat nasional jika memenuhi kriteria minimal dapat 90 poin. Syarat maju ke jenjang lebih tinggi, sekolah tersebut melaksanakan GPBLHS 12 bulan dari setelah memperoleh predikat adiwiyata, baik itu dari adiwiyata kabupaten ke provinsi dan provinsi ke tingkat nasional,” jelasnya.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Lakukan Audit Kasus Stunting, Ada 5 Penyebab Gangguan Pertumbuhan yang Ditemukan

Lebih lanjut, pihaknya pun mengapresiasi sekolah-sekolah yang melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS). Pihaknya berharap ke depan, sekolah lainnya dapat menyusul.

Sebagai informasi, berdasarkan data DLH Kabupaten Rembang, jumlah Sekolah Adiwiyata tahun 2024 mencapai 107 sekolah. Dimana sebanyak 81 sekolah meraih adiwiyata tingkat kabupaten, 21 sekolah adiwiyata tingkat provinsi, 2 sekolah adiwiyata tingkat nasional dan 3 sekolah mendapat penghargaan Adiwiyata mandiri. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *