12 Budaya Indonesia Yang Pernah Di Klaim Oleh Negara Lain

Rembangnews.com – Budaya Indonesia yang sangat banyak, membuat banyak negara yang iri. Namun sayangnya masyarakat  Indonesia kurang banyak  minat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada sejak zaman nenek moyang kita. Saat ini kebanyaakan masyarakat lebih memilih budaya asing bukan budaya indonesia yang mereka anggap lebih maju dan modern.

Tentunya hal ini tidak dapat dibiarkan terus menerus,Karen akan berakibat buruk bagi budaya kita akan semakin pudar dan  punah. Dan bisa saja negara lain mengakui budaya dari Indonesia sebagai budaya mereka.

Contohnya seperti kasus terbaru yakini ada alat musik dari Nusa tenggara timur [NTT] yaitu Sasando yang diklaim oleh negara Sri Lanka.Tak hanya sekali,sudah banyak juga negara negara lain yang mencoba untuk mengakui kekayaan negara kita sebagai budaya mereka. Dilansir dari berbagai sumber,berikut lima budaya dari Indonesia yang pernah diklaim oleh negara lain.

Baca Juga :   PPPK Akan Kembali Dibuka, Pemkab Rembang Usulkan Sebanyak 1.862 Formasi

1.Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari NTT Sasando terbuat dari bambu dan daun lontar yang dikeringkan .Diduga,beberapa waktu lalu munculnya berita mengenai Sri Lanka yang mengklaim alat musik Sasando asal Pulau Rote tersebut ke World intelektual Property Organization [WIPO] di Jenewa,Swiss.

2.Wayang Kulit

Wayang kulit merupakaan budaya dari Jawa Tengah.Eksistensi dari Wayang Kulit ini tentunya tak dapat diragukan lagi siapa yang tak kenal dengan wayang kulit. Sudah banyak dari masyarkat Indonesia yang sudah kenal dengan wayang kulit .Namun Malaysia menganggap bahwa wayang kulit adalah budaya mereka.Klaim itu pun terbantah sejak 27 November 2003 dan UNESCO mengakui bahwa wayang kulit merupakan kebudayaan asli Indonesia.

Baca Juga :   KPU Rembang Buka Pendaftaran 15.407 KPPS

3.Batik

Batik adalah pakaian tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Pakaian adat ini pernah di klaim Malaysia sebagai pakaian adat mereka. Namun pada 3 September 2008 .hingga pada 2 Oktober 2009 batik baru dinyatakan sah sebagai warisan asli budaya Indonesia .

4.Angklung

Angklung merupakan alat musik yang berasal dari jawa barat .Terbuat dari bambu dan cara memainkannya dengan digoyang-goyangkan sesuai nada.alat musik tradisional ini pernah di klaim Malaysia sebagai salah satu alat musik mereka.Namun setelah berdebat panjang Indonesia dan Malaysia akirnya angklug terdaftar sebagai budaya asli Indonesia pada November 2010.

5.Rendang

 Rendang adalah makanan khas Padang,Sumatra Barat. Dan lagi lagi Malaysia mengklaim makanan khas Padang ini sebagai salah satu  makanan khas mereka.Tapi Malaysia ini sudah mengaku bahwa rendang adalah makanan khas Padang Sumatra Barat.

Baca Juga :   Peristiwa Penting yang Pernah Terjadi di Bulan Rajab

6.Budaya  Indonesia Reok Ponorogo

Reok Ponorogo merupakan tarian adat yang berasal dari Jawa Timur  tepatnya di kota Ponorogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *