Pemkab Rembang Gelar Pelatihan Guna Tingkatkan Kesejahteraan Warga Miskin Ekstrim

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, gelar pelatihan pembuatan produk makanan di hotel Fave, pada Senin (15/6/2022).

Pelatihan ini ditujukan untuk pengentasan kemiskinan. Ada sebanyak 50 ibu rumah tangga di 11 desa merah atau berstatus miskin ekstrim yang smengikuti pelatihan tersebut.

Dalam pelatihan itu para peserta diberi materi dan praktik membuat kue kering dan makanan ringan dengan bahan baku sesuai potensi yang ada di masing-masing desa. Peserta juga dilatih hingga ke tahap proses pengemasannya.

“Pelatihan ini diutamakan untuk pengolahan produk-produk lokal yang berkaitan dengan sumber daya lokal. Seperti misalnya di sana ada keripik pisang, keripik ketela, keripik nangka. Itu nanti diberi pelatihan proses pembuatannya sampai ke packagingnya,” terangnya Kepala Dindagkop UKM Rembang, M. Mahfudz.

Baca Juga :   Kabupaten Rembang Raih Penghargaa Kota Layak Anak

Lebih lanjut, Mahfudz menyampaikan alasan dipilihnya peserta dari warga desa yang masuk dalam kemiskinan ekstrim ini, adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Acara pelatihan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 13 – 16 Juni 2022. Harapannya, pelatihan tersebut dapat benar-benar dipraktikkan hingga kedepannya dapat membangun kemandirian masing-masing peserta.

“Ini kita fokuskan untuk penanggulangan kemiskinan yang ada di wilayah-wilayah masuk dalam zona kemiskinan ekstrim. Sehingga kita harapkan nanti masyarakat dari zona kemiskinan ekstrim bisa lebih mandiri agar bisa terlepas dari zona merah,” ungkapnya.

Ada 11 Desa dari 4 kecamatan yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim yang mengikuti pelatihan. Diantaranya Desa Woro Kecamatan Kragan, Desa Ceriwik Kecamatan Pancur, Desa Bangunrejo Kecamatan Pamotan, Desa Mlagen Kecamatan Pamotan, dan Desa Ngemplakrejo Kecamatan Pamotan. (*)

Baca Juga :   Pemkab Rembang Kembali Luncurkan Program Mudik Gratis Tahun Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *