5 Cara Cerdas Memilih Agen Resmi Penyalur Tenaga Kerja

Memilih Penyalur Tenaga Kerja Perlu hati hati apalagi Tenaga kerja di Indonesia semakin hari semakin sulit untuk mendapat pekerjaan. Meskipun saat ini banyak lowongan pekerjaan yang tersebar, namun hal tersebut nampaknya tidak menjamin seseorang dapat dengan mudah untuk diterima.

Sulitnya mendapat pekerjaan tersebutlah yang membuat pengangguran semakin banyak. Lambat laun tingkat kejahatanpun pasti akan meningkat. Seseorang pasti akan melakukan segala hal untuk dapat bertahan hidup.

Apalagi sekarang banyak harga kebutuhan pokok yang setiap tahun mengalami kenaikan. Hal  tersebut nampaknya masih menjadi problematika bangsa yang seolah tak kunjung ada habisnya.

Terutama bagi mereka yang memang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah. Bahkan bagi seorang sarjana pun juga sulit untuk mendapatkan pekerjaan kalau tidak memiliki kemampuan lebih.

Tak sedikit bagi mereka yang pada akhirnya memutuskan untuk bekerja di negeri orang. Mereka memilih menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) karena menurutnya kalau hanya berdiam diri di negara sendiri hidupnya tidak akan maju. Ditambah dengan susahnya mencari pekerjaan di dalam negeri.

Namun anda perlu berhati-hati dalam mencari agen penyalur tenaga kerja. Sebab di era digital saat ini banyak orang yang melakukan kejahatan. Salah satunya dengan membuat agensi illegal.

Baca Juga :   Usaha Mete di Rembang Memiliki Peluang yang Potensial

Sebelum anda juga memutuskan untuk bekerja ke luar negeri, ada baiknya harus mencari tahu dulu menegenai informasi agensi yang menjadi pilihan anda. Anda tidak boleh sembarangan asal pilih. Anda  harus menemukan agen penyalur tenaga kerja (PJTKI) yang aman dan legal. Agar anda terjamis menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui proses yang benar dan legal.

PJKTI sendiri merupakan kepanjangan dari Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia. Saat ini sudah banyak PJTKI, baik yang legal maupun illegal. Oleh sebab itu berikut  ini merupakan 5 cara cerdas yang bisa kamu lakukan untuk emilih PJTKI yang aman dan legal.

1. Pahami Aturan Negara

Kamu perlu membaca secara detail dan memahami peraturan perundang – undangan mengenai Pemepatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Nomor 39 Tahun 2004. Selain itu, anda juga harus memahami peraturan lainnya yang masih bersangkutan dengan Tenaga Kerja Indonesia seperti Peraturan Menakertran dan BNP2TKI.

2. Kamu harus mencari tahu dan mendaftar PJTKI yang resmi.

Tujuannya agar kamu tidak ditipu. Selain itu kamu juga bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai PJTKI yang akan kamu pilih.

Paling tidak, perusahaan tersebut telah memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Kamu harus memperhatikan dan mengecek alamat tersebut. Jika alamat yang tertera sudah jelas adanya, maka dapat dipastikan jika perusahaan tersebut legal.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Pastikan Kabupaten Rembang Aman dari Wabah PMK

3. Perhatikan identitas penanggung jawab dan petugas agen PJTKI.

Setelah anda mengetahui alamat perusahaan agen penyalur tenaga kerja tersebut. Sebisa mungkin cari alamat yang bisa kamu jangkau. Hal tersebut dikarenakan agar kamu bisa mendatanginya langsung.

Kemudian anda dapat mengetahui identitas penanggung jawab dan petugas yang ada di perusahaan agen penyalur TKI tersebut. Hal paling penting yang harus kamu ketahui yaitu nama, surat tugas dan surat izin pendirian perusahaan, serta nomor telepon kantor pusat dari perusahaan tersebut.

4. Pahami dan cermati proses seleksi.

Hal ini perlu kamu lakukan, pastikan tidak ada sesuatu yang ganjil dan aneh dalam proses seleksi. Kamu bisa menanyakannya secara detail kepada petugas agensi penyalur tenaga kerja yang kamu tuju.

Sedikit informasi, secara umum biasanya proses seleksi seperti pendaftaran, tes kemampuan, tes wawancara, medical chek up, pembuatan visa dan dokumen penting lainnya, serta akan ada pelatihan – pelatihan kerja guna menunjang skill calon pekerja luar negeri. Tentunya pelatihan tersebut disesuaikan dengan pekerjaan dan negara tujuan yang nantinya akan kamu datangi.

Baca Juga :   Kemenkes Sediakan RS dan Psikiater bagi Caleg yang Alami Gangguan Mental

Selain itu kamu juga akan diajari tentang Bahasa sehari – hari yang akan kamu pakai nantinya. Kemudian kamu juga akan diberi informasi mengenai budaya di negeri orang. Tentu saja semua hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu di luar negeri, akan kamu pelajari dari agensi penyalur tenaga kerja yang kamu tuju. Pastinya yang sudah legal.

5. Pengetahun seputar agen TKI.

Perlu diketahui bahwa di Indonesia sendiri tidak memiliki agen TKI resmi yang memberangkatkan calon pekerjanya ke negara manapun di Benua Eropa dan Benua Amerika.

Negara tujuan Tenaga Kerja Indonesia yang dilayani pemerintah yaitu, Taiwan, Hongkong, Singapura, Polandia, Malaysia, Arab Saudi dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin bekerja di Korea Selatan dan Jepang, sebaikknyya anda langsung mendatangi kantor BNP2TKI yang terjangkaul dengan tempat tinggal kamu.

Perlu kamu ketahui juga bahwa tidak ada kebijakan mengenai masalah pemotongan gaji di beberapa negara. Selain itu, pada awal keberangkatan, kamu akan mendapatkan visa tourist yang berlaku hingga 6 bulan pertama. Lalu setelah itu, perusahaa atau majikan tempat kamu bekerja akan membantu untuk membuatkan visa kerja, karena memang pembuatannya sedikit rumit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *