Hidung Tersumbat ? Terapkan 10 Tips Mengatasinya

Rembangnews.comHidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung membengkak karena infeksi atau peradangan. Hidung tersumbat sangat menggangu dan menyakitkan.

Hidung tersumbat mengganggu proses pernapasan dengan sekresi berlebih dan bahkan dapat menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan. Konon, membersihkan hidung tersumbat tidak sesulit yang anda kira, jadi jangan terlalu khawatir.

Untuk mengatasi Hidung tersumbat, anda tidak perlu menunggu sampai penyebab hidung tersumbat hilang kemudian Anda baru bisa bernapas lebih lega. Ada beberapa cara mengobati hidung tersumbat tanpa ke dokter. Ada beberapa cara meredakan hidung tersumbat dalam kenyamanan rumah anda sendiri dengan gadget sederhana ini.Hidung tersumbatdapat disebabkan oleh berbagai penyebab, termasuk pilek, sinusitis, dan alergi.

Hidung tersumbat menyebabkan kesulitan bernapas, tidur tidak nyaman, dan indra penciuman tumpul. Ada beberapa cara untuk membersihkan hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Berikut tips yang bisa kamu terapkan :

 Terapkan 10 Tips Ini

  1. Menghirup uap hangat

Anda juga bisa membersihkan Hidung dengan segelas air hangat. Cukup rebus air dan tempatkan dalam wadah yang aman. Dekatkan wajah anda ke botol air panas dan perlahan hirup uang hangatnya. Uap membantu mencairkan lendir di saluran hidung yang menyebabkan hidung tersumbat.

  1. Minum air hangat

Jika anda mengalami hal demikian, cobalah minum lebih banyak cairan. Saat cairan masuk ke dalam tubuh, ketebalan lendir di hidung berkurang. Ini membuat saluran hidung anda tidak terlalu berisi lendir dan membuat pernapasan lebih mudah. Tentu bukan hanya cairan saja yang membantu mengatasi hidung tersumbat. Air hangat sangat dianjurkan. Yang tidak dianjurkan adalah mengonsumsi air dingin, karena akan membuat lendir hidung lebih sulit larut.

  1. Minumlah teh herbal

Cara alami lain untuk mengatasinya adalah minum teh herbal untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Teh herbal yang mengandung mentol, terutama teh peppermint, bisa menjadi dekongestan alami. Minum teh hangat ini akan membantu Anda bernapas lebih mudah karena mengurangi iritasi hidung. Anda dapat minum teh herbal dengan musik dan kue. Cara ini tidak hanya menghilangkan hidung tersumbat, tetapi juga dapat mengurangi stres, sehingga memperkuat kekebalan tubuh.

  1. Tetap tegakkan kepala saat berbaring

Kesulitan bernapas karena ada sumbatan pada hidung bisa membuat sulit tidur. Tinggikan kepala Anda saat Anda tidur untuk meningkatkan permulaan tidur dan pernapasan. Gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahu Anda.

  1. Cuci hidung dengan air garam

Selain menghilangkan debu dan partikel berbahaya dari saluran hidung Anda, mencuci hidung dengan air garam juga dapat menghilangkan lendir di hidung Anda. Untuk melakukannya, larutkan 1 sendok teh garam dan sejumput baking soda dalam 2 gelas (500 ml) air hangat.

Baca Juga :   Atasi Sakit Kepala Migrain Dengan Terapkan 7 Tips Ini

Miringkan kepala Anda dan arahkan corong botol ke satu sisi hidung Anda. Kemudian semprotkan dengan kuat sampai cairan keluar dari lubang hidung yang lain. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencuci hidung dengan air garam 3-4 kali sehari.

  1. Minum lebih banyak air

Minum cukup air mengencerkan lendir di hidung anda, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Tetap terhidrasi juga dapat membantu anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya seperti dehidrasi.

  1. Konsumsi obat

Cara lain untuk membersihkan hidung tersumbat adalah dengan minum obat seperti semprotan hidung, dekongestan dalam tablet, dan antihistamin.

Pastikan anda meminum obat sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan, atau jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang aman.

  1. Gunakan minyak angin

Minyak angin adalah obat alami yang sering digunakan untuk mengobati dengan cepat dan efektif.

Baca Juga :   Tips Nyaman Saat Naik Pesawat Bersama Anak Kecil

balsem atau kayu putih dapat digunakan untuk menggosok daerah dada, tenggorokan, atau hidung. aromaterapi, minyak angin menghangatkan hidung dan meredakan hidung tersumbat.

  1. Minum teh jahe

Cara cepat dan efektif lainnya adalah dengan minum teh jahe. Air hangat dengan jahe tidak hanya baik untuk sakit tenggorokan dan hidung tersumbat, tetapi juga baik untuk kesehatan anda.

  1. Mandi air hangat

Uap dari mandi air hangat dapat membuat lendir di saluran hidung Anda lebih cair dan lebih mudah keluar. Ingatlah untuk menggunakan sabun antibakteri untuk memaksimalkan pemberantasan kuman dan bakteri yang cenderung menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan Anda.

Demikian adalah 10 cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. (*)

Baca Juga :   Hadits tentang Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *