15 Fitur Baru WhatsApp Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Rembangnews.com – Aplikasi WhatsApp Kembali meluncurkan fitur baru yang mungkin kamu belum tahu, hal tersebut demi memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna. WhatsApp telah menambahkan beragam pembaruan (update) fitur sepanjang 2022 seperti dukungan multi-perangkat, dan video call melalui aplikasi desktop.

Hampir setiap tahun WhatsApp selalu meluncurkan fitur dan update terbaru untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Hal ini juga berkaitan dengan semakin pesatnya persaingan di platform media sosial. Dengan segudang fitur, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas.

Tidak hanya untuk berikirim pesan teks saja, ada beberapa fitur WhatsApp yang dapat menunjang semua kebutuhan bertukar pesan, seperti mengirim foto/video serta dokumen. Menurut berbagai sumber, berikut adalah berbagai fitur terbaru Whatsapp yang mungkin belum kamu tahu:

 

Fitur Terbaru WhatsApp

 

  1. Fitur WhatsApp Untuk Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Tidak semua chat WA yang terhapus bisa pulih. Fitur ini hanya berlaku untuk tindakan hapus chat dengan opsi “hapus untuk saya”. Setelah beberapa saat pengguna menghapus chat, akan muncul pop-up menu dengan opsi “Undo”. Maka chat WA yang terhapus sebelumnya akan muncul kembali dalam ruang obrolan.

  1. Fitur WhatsApp Untuk Kirim File Lebih Dari 2 Giga Byte

Salah satu perubahan baru dari WhatsApp adalah kapasitas pengiriman file yang telah bertambah. Dengan adanya perubahan ini, maka pengguna bisa mengirim file berukuran 20 kali lipat dari sebelumnya. Dikutip dari KompasTekno, kirim file lebih dari 2GB tersebut hadir pada WhatsApp Android versi 2.22.17.76 serta WhatsApp iOS versi 22.18.76.

  1. Durasi Disappearing Message

Jika dulu opsi penghapusan pesan hanya 7 hari, kini pengguna dapat memilih pesan akan terhapus otomatis setelah 24 jam atau 90 hari.

  1. Panggilan Suara Lebih Banyak

Pengguna kini dapat melakukan panggilan suara dengan jumlah peserta hingga 32 orang. Selain itu, desain baru juga hadir pada fitur ini untuk semakin meningkatkan pengalaman dalam melakukan panggilan suara.

  1. Penambahan Anggota Grup

Pada bulan ini WhatsApp kembali menambah jumlah kapasitas grup, tidak tanggung-tanggung WhatsApp terbaru menambah anggota grup hingga 1.024 peserta.

  1. Fitur WhatsApp Premium

Whatsapp premium ada untuk mempermudah pengguna yang berbisnis dengan memanfaatkan aplikasi ini. Whatsapp premium memungkinkan penggunanya memiliki tautan bisnis khusus dan kemampuan untuk menambahkan hingga 10 perangkat yang bertaut.

  1. Bisukan Orang di Grup Call

Tentu saja fitur ini sangat berguna bagi para pengguna yang gemar meeting online. Pasalnya, jika dalam aplikasi meeting seperti Zoom membisukan orang harus lewat host atau admin. Sementara itu, WhatsApp dapat membisukan seseorang yang mengganggu selama panggilan video grup secara pribadi.

  1. Notifikasi Foto Profil WhatsApp

Tidak hanya akan menerima notifikasi jika ada pesan pribadi maupun grup, tahun ini WhatsApp akan menambahkan notifikasi untuk foto profil. Sebelumnya fitur ini telah ada untuk beberapa penguji beta iOS, namun rencananya akan ada juga untuk pengguna android.

  1. Fitur Keluar WhatsApp

Fitur Logout WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk keluar dari akun WhatsApp ponsel.

  1. Catatan Tambahan (Notes)

WhatsApp juga menghadirkan fitur yang dapat mengirimkan pesan kepada salah satu anggota pada panggilan video grup untuk menulis catatan dalam panggilan video tersebut.

  1. Privasi Pengguna

Kamu bisa memilih kontak mana yang dapat melihat foto profil, status, dan status terakhir yang menunjukkan kapan kamu terakhir aktif di platform ini. Fitur ini merupakan peningkatan WhatsApp dari tahun lalu, yang baru dapat menyembunyikan status terakhir dari orang asing secara default karena potensi implikasi pada privasi.

  1. Transfer Android ke iPhone

Saat ini, kamu dapat transfer riwayat obrolan dari Android ke iPhone yang dulunya hanya bisa transfer dari iPhone ke Android. Sebagai informasi, menjelang akhir tahun WhatsApp juga akan menambahkan peningkatan pada fitur mengirim pesan suara (voice note).

Baca Juga :   Lindungi Privasi Pengguna, Whatsapp Luncurkan Fitur Baru

Dengan fitur baru ini pengguna dapat melakukan pratinjau pesan suara sebelum dikirimkan. Pengguna juga bisa melakukan pengiriman pesan dengan orang yang berbeda saat pesan suara berputar dan terakhir ada fitur untuk melakukan pause dan resume saat pesan suara mulai.

  1. Ubah Waktu Hapus Pesan

WhatsApp memperpanjang batas waktu untuk menghapus pesan yang telah terkirimkan. Dengan perubahan baru ini, pengguna memiliki waktu lebih banyak untuk berkesempatan menghapus pesan yang telah kamu kirimkan menjadi 60 jam atau 2 hari 12 jam.

Kesempatan waktu hapus pesan sebelumnya adalah 4.096 detik, atau 1 jam 8 menit 16 detik saja. Penambahan durasi waktu “delete for everyone” dari WhatsApp ini ada sejak 9 Agustus 2022.

  1. Reaksi Emoji di Status WhatsApp

Pengguna kini bisa memberikan reaksi dengan emoji pada status WA pengguna lain. Untuk memberikan reaksi emoji di status WA, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal lihat status WA yang tersedia, lalu klik opsi “Balas”. Selanjutnya, pilih emoji untuk menanggapi status tersebut.

  1. Keluar Grup WA Diam-diam

Fitur ini bukanlah fitur yang baru hadir pada bulan ini. Fitur ini sejatinya telah ada sejak Agustus lalu ke pengguna. Dengan demikian, beberapa pengguna mungkin sudah mendapatkannya lebih dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *