Fitur Lock Screen Bakal Hadir di WhatsApp Desktop

Rembangnews.com – Lock screen merupakan fitur yang semula ada di WhatsApp Beta untuk pengguna Android dan iOS, kini akan hadir ke Beta Desktop WhatsApp.

Fitur lock screen pada WhtasApp Beta untuk Android dan iOS telah dirilis sejak beberapa tahun silam.

Tujuan dari fitur ini adalah memberi pengguna keamanan ekstra sehingga tidak ada yang bisa membuka aplikasi.

Tadinya fitur ini tidak tersedia di pengguna web/desktop. Tetapi WhatsApp akhirnya menghadirkan opsi kunci layar di pembaruan Beta Desktop WhatsApp yang akan datang.

Menurut WABetaInfo, kata sandi sangat perlu setiap kali pengguna membuka aplikasi. Hal tersebut juga berguna saat pengguna berbagi komputer dengan orang lain.

Baca Juga :   WhatsApp Telah Kembangkan Fitur Pencarian Username

Meski opsional, pengguna WhatsApp desktop masih memiliki kontrol lebih dan dapat memilih kapan akan mengunci aplikasi.

Pengguna dapat mengatur kata sandi sehingga hanya pengguna yang mengetahui kata sandinya.

Menurut WaBetaInfo, kata sandi yang kamu masukkan akan tersimpan secara lokal dan tidak masuk ke program WhatsApp.

Artinya jika pengguna kehilangan kata sandi, maka pengguna harus masuk lagi ke WhatsApp Desktop dengan menghubungkan perangkat dengan kode QR.

WhatsApp mengklaim privasi pengguna sebagai prioritas utama.

WhatsApp pada bulan Agustus tahun 2022 telah meluncurkan tiga fitur privasi, yaitu keluar grup diam-diam, memilih siapa yang dapat melihat status online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk melihat sekali pesan.

Baca Juga :   WhatsApp Rilis Fitur Baru Call Relay

 

Cara Kerja Fitur lock Screen

 

Cara kerja fitur lock screen di Web hampir sama dengan yang ada di smartphone. Pertama-tama pengguna harus menghubungkan WhatsApp di HP dengan WhatsApp Web.

Kemudian saat pengguna menutup aplikasi WhatsApp Desktop, dan ingin mengaksesnya kembali maka akan muncul password screen lock yang harus pengguna isi.

Selain melalui password, fitur screen lock juga bisa menggunakan fitur Touch ID atau sensor sidik jari apabila pengguna memakai WhatsApp Web menggunakan laptop Mac Apple.

Namun, ketika pengguna lupa dengan password atau fitur Touch ID tidak mengalami gangguan maka mereka harus log out WhatsApp Web untuk kemudian menghubungkan ulang WhatsApp dari HP ke laptop atau PC menggunakan QR Code.

Baca Juga :   Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik 2024

Nah fitur lock screen pada WhatsApp Dekstop merupakan fitur teranyar dari WhatsApp. WhatsApp mengeklaim bahwa privasi dari pengguna merupakan prioritas mereka saat ini. Setelah mengetahui berita tersebut, bagaimana tanggapan kamu? Apakah kamu merasa privasi mu lebih terjaga dengan adanya fitur ini di WhatsApp desktop?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *