Waspada Penyakit yang Menyerang Anak-anak Saat Musim Hujan

Rembangnews.com – Para orang tua perlu waspada saat musim hujan, apalagi kini musim mulai tidak menentu. Hal tersebut lantaran akan banyak penyakit yang menyerang anak-anak saat musim hujan.

Tentunya para orang tua harus ekstra untuk melindungi anak dari berbagai penyakit saat musim hujan. Sebab, anak akan mudah lebih mudah terserang penyakit saat musim hujan.

Apalagi saat sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Pastinya kamu memerlukan vitamin tambahan. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menyerang anak-anak saat musim hujan dan perlu diwaspadai oleh para orang tua.

  1. Influenza

Influenza menjadi penyakit pertama yang paling umum muncul saat musim hujan. Gejala terserang influenza ini mulai dari demam, flu, lemas, nyeri otot dan gejala saluran napas.

  1. Demam berdarah (DBD)

Demam berdarah juga menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang saat musim hujan tiba. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty yang berkembang biak pada genangan air. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan 3 M (menguras, mengubur, dan menutup). Tentu dengan melakukan hal itu akan mengurasi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegepty.

  1. Infeksi jamur

Infeksi jamur ini dapat terjadi sebab kulit yang lembab dan basah. Jadi, kala musim hujan dating para orang tua harus memastukan bahwa kulit anak dalam kondisi kering agar tidak terserang infeksi jamur.

  1. Selesma

Penyakit yang satu ini hamper mirip dengan influenza yang sama-sama disertai dengan batuk. Biasanya masyarakat menyebut selesma dengan nama masuk angin. Selesma ini memang akan membaik dengan sendirinya, namun orang tua juga tidak boleh menyepelekan penyakit ini.

  1. Demam tiroid

Demam tiroid ini sering dikenal dengan tifus. Penyebab dari demam tiroid atau tifus ini karena infeksi bakteri salmonella. Jika anak tiba-tiba merasa panas tinggi maka segera periksakan ke dokter. Bisa jadi anak  terkena demam tiroid  atau tifus.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A juga merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak pada musim hujan. Penyakit ini dapat menular melalui air yang telah terkontaminasi dengan virus. Gejala dari penyakit hepatitis A ini mulai dari demam, diare, mual, lemas, serta mata dan kulit yang menguning.

Baca Juga :   Musik Ini Ternyata Bisa Bikin Produktivitas Naik

Nah, itulah beberapa penyakit yang menyerang anak-anak saat musim hujan tiba. Tentunya sebagai orang tua kamu perlu mewaspadai adanya penyakit-penyakit tersebut. Jangan lupa untuk menuhi kebutuhan nutrisi pada anak agar imunnya tetap kebal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *