Tips Menumbuhkan Critical Thinking

Rembangnews.com – Kemampuan berpikir kritis atau biasa disebut critical thinking sangat dibutuhkan dalam dunia profesional.

Namun, critical thinking ini bukanlah kemampuan yang dapat dimunculkan secara instan.  Melainkan perlu latihan dan upaya untuk menumbuhkannya.

Berikut hal sederhana untuk menumbuhkan critical thinking.

Melakukan diskusi

Membiasakan murid untuk mengemukakan pendapat dalam diskusi akan membantu otak berpikir lebih dalam. Diskusi memungkinkan untuk menggali kembali ingatan atau pengalaman yang pernah dimiliki untuk mengeluarkan aragumen yang relevan. Diskusi tidak harus dilakukan dengan serius. Namun bisa dimulai dengan hal-hal sederhana yang berkaitan dengan materi yang disampaikan, serta dengan membangun suasana diskusi yang  menyenangkan.

Memperbanyak membaca

Buku adalah jendela ilmu. Ungkapan ini memang tepat karena buku memang menyimpan segudang hal. Dari yang kita tahu sampai hal yang tidak kita tahu. Oleh karena itu, dengan membaca buku akan memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman. Buku akan membantu menjawab hal-hal yang mungkin menjadi pertanyaan serta dapat juga menimbulkan pertanyaan baru. Hal ini baik untuk mengembangkan rasa ingin tahu. Sehingga seseorang akan terus berpikir secara kritis.

Baca Juga :   Jelang Iduladha, Pencegahan Antraks Penting Dilakukan

Membiasakan menganalisa

Perlu dibiasakan untuk menganalisa sendiri. Misal dengan melakukan praktik pengamatan pada suatu objek dan menarik kesimpulan dari pengamatan tersebut. Dengan begitu, otak akan terbiasa memproses input ketika melihat suatu hal atau informasi.

Melakukan kegiatan yang melatih fungsi otak

Melatih critical thinking tidak hanya dapat dilakukan dengan kegiatan serius. Banyak permainan atau kegiatan yang dapat diterapkan untuk membantu melatih critical thinking. Seperti olahraga, permianan board game, sudoku, permainan pengasah otak dan lainnya.

Permaianan atau kegiatan ini pun bisa dikombinasikan dengan mata pelajaran yang relevan di sekolah. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar tidak hanya akan menjadi menyenangkan namun juga dapat meningkatkan kemampuan critical thinking.

Baca Juga :   5 Tips Persiapan Mendaki Gunung untuk Pertama Kali

Demikian tips sederhana menumbuhkan critical thinking. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *