Inilah 12 Manfaat dari Biji Mahoni yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Rembangnews.com – Manfaat biji mahoni sudah banyak dikenal dan digunakan sejak lama oleh masyarakat Asia Tenggara. Biji mahoni terkenal dengan nama ilmiah Swietenia macrophylla seed. Dalam bahasa Inggris, buah dari biji mahoni disebut dengan “Heavenly Fruit”. Sementara itu, biji mahoni disebut sebagai “Heaven Fruit”.

Tinggi rata-rata pohon mahoni sekitar 25-30 meter. Pohon ini memiliki akar tunggang, batang  bulat, cabang banyak dan menghasilkan getah.  Daunnya majemuk, siripnya seragam dan terdiri dari lonjong dengan ujung lancip, tepi rata dan urat sepanjang 3-15 cm. Manfaat mengkonsumsi biji mahoni adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Biji mahoni mengandung flavonoid yang dapat membantu memperbaiki sistem kardiovaskular. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Mencegah peradangan

Flavonoid biji mahoni juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mencegah dan mengobati peradangan.  Biji mahoni sering digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit seperti demam dan pilek.

  1. Mengontrol tekanan darah

Biji mahoni juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Hal ini sangat penting untuk pencegahan berbagai penyakit kronis yang berhubungan dengan hipertensi.

  1. Mengobati malaria

Tidak hanya itu, biji mahoni juga terkenal sebagai obat antimalaria dan dapat membunuh parasit penyebab malaria yang sudah kebal terhadap obat chloroquine.

  1. Mengurangi resiko disfungsi seksual

Manfaat selanjutnya dari biji mahoni yaitu berkat kandungan saponin yang dapat membantu mengurangi risiko disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes.

  1. Mengatasi reaksi alergi

Kandungan saponin pada biji mahoni berfungsi sebagai antihistamin yang dapat mengurangi reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap zat yang berbahaya.  Histamin yang di produksi oleh tubuh selama alergi dapat memicu berbagai reaksi alergi, namun saponin dalam biji mahoni dapat membantu mengurangi efeknya.

  1. Mengatasi gangguan tidur

Saponin dalam biji mahoni  juga dapat memberikan efek relaksasi otot yang juga meningkatkan kualitas tidur. Dengan mengkonsumsi biji mahoni secara rutin, kamu dapat tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar setiap paginya.

  1. Mengontrol gula darah

Perlu kamu ketahui bahwa biji mahoni ini juga dapat menjadi pengobatan yang baik untuk diabetes karena membantu mengontrol gula darah.  Kandungan saponin pada biji mahoni memiliki efek hipoglikemik yang mampu menurunkan  gula darah bahkan lebih baik dari beberapa jenis obat diabetes.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Sembelit dapat menyebabkan masalah pencernaan lainnya. Namun mengkonsumsi biji mahoni ternyata dapat membantu mengatasi kondisi tersebut dan memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi bubuk mahoni yang di campur air hangat selama dua hari  dapat membantu menyembuhkan sembelit.

  1. Meredakan kram menstruasi

Biji mahoni juga ampuh untuk mengatasi kram menstruasi. Mengkonsumsi biji mahoni di hari pertama siklus haid dapat membantu mengatasi nyeri haid dan mencegah gangguan aktivitas sehari-hari.

  1. Menangkal radikal bebas

Selanjutnya, biji mahoni juga kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu melawan radikal bebas. Kandungan flavonoid, saponin dan alkaloid pada biji mahoni memiliki efek antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat kesehatan terakhir dari biji mahoni adalah dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih siap  melawan berbagai mikroorganisme yang dapat menyerang dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga :   Kebiasaan Makan Ternyata Bisa Bantu Perlambat Penuaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *