7 Tips Traveling Agar Tetap Lancar Selama Masa Puasa

Rembangnews.com Traveling adalah kegiatan yang membutuhkan banyak energi. Banyak yang berpendapat bahwa puasa dapat mengganggu saat traveling. Karena saat kamu bepergian, biasanya akan merasa lebih haus dan lapar dari biasanya. Tapi jangan biarkan puasa menghalangi perjalanan kamu.

Bahkan, traveling dapat menjadi waktu untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru. Pastinya akan menjadi pengalaman seru meski dilakukan saat berpuasa. Berikut adalah 7 tips yang yang dapat kamu terapkan agar tetap lancar dan happy saat bepergian meskipun sedang berpuasa :

  1. Jangan lupa Sahur

Penting untuk kamu mengisi tenaga sebelum melakukan perjalanan, jadi sahur sangat penting. Pilih makanan bergizi saat sahur agar nutrisi tetap terisi saat bepergian.

  1. Buatlah daftar perjalanan

Saat bepergian, kamu harus membuat daftar perjalanan yang mencakup waktu dan tujuan perjalanan. Kamu perlu mengetahui jam berapa tiba di destinasi wisata tertentu dan jam berapa kamu pulang. Dengan begitu kamu dapat sampai ke hotel atau berada di tempat yang tepat saat waktu berbuka puasa tiba. Jika kamu memutuskan untuk bepergian pada sore hari, pastikan  tujuan memiliki kios, restoran, atau kafe tempat agar dapat berbuka puasa saat sholat maghrib.

  1. Pilih destinasi yang tepat

Saat bepergian kala berpuasa, pilihlah destinasi yang cuacanya sejuk. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah haus atau lelah di jalan. Tujuan kamu sebaiknya tempat dengan pemandangan hijau atau air terjun yang menyegarkan. Ketahui juga jarak dan waktu tempuh dari titik keberangkatan ke tujuan perjalanan yang dipilih.

  1. Ketahui cuaca selama perjalanan

Sebaiknya periksa cuaca dan suhu udara pada hari perjalanan. Kamu dapat melihatnya di aplikasi atau website BMKG. Cuaca panas pasti membuat kamu haus di jalan. Jika cuaca mendung dan tidak terlalu panas, kamu dapat melakukan perjalanan dengan lebih tenang.

  1. Membawa perlengkapan ibadah

Untuk menyeimbangkan ibadah dan perjalanan, sebaiknya membawa perlengkapan ibadah sendiri. Hal tersebut dapat memudahkan ibadah di setiap tempat dan tujuan yang kamu kunjungi atau saat bepergian.

  1. Buat anggaran

Kamu perlu mempertimbangkan budget agar agar mendapatkan akomodasi dan transportasi yang murah saat berwisata. Dengan cara ini, kamu juga dapat mencadangkan pengeluaran untuk membeli makanan enak jika berbuka puasa di perjalanan.  Selain itu, kamu harus memastikan bahwa telah memiliki cukup uang saat bepergian. Jangan sampai uang kamu habis selama perjalanan sehingga menimbulkan masalah di tempat tujuan.

  1. Bawalah minuman dan makanan untuk berjaga-jaga
Baca Juga :   Hati-hati, Hindari Hal yang Jadi Penyebab Flek Hitam di Wajah Berikut Ini

Saat bepergian di bulan puasa, tidak ada salahnya membawa bekal makanan dan minuman ringan. Hal ini dimaksudkan sebagai alternatif untuk berbuka puasa sementara jika kesulitan menemukan toko atau restoran di tempat tujuan. Jangan lupa membawa air putih yang banyak juga. Makanan yang dapat kamu bawa dapat berupa roti atau kue kering agar mudah dimasukkan ke dalam tas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *