Kampung KB Desa Tegaldowo Rembang Raih Juara 3 Tingkat Jateng

Rembang, Rembangnews.com – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang meraih Juara 3 tingkat Jawa Tengah dari enam kabupaten/kota yang lolos.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB), Prapto Raharjo mengatakan bahwa pihaknya memang menargetkan juara. Sebab Kampung KB di Tegaldowo memiliki beberapa keunggulan yang bisa mengangkat nilai.

“Menurut tim penilai yang bagus itu beberapa diantaranya karena kekompakan dari para kadernya. Kemudian kegiatan-kegiatan kelompok kegiatannya juga berjalan dengan bagus,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Kampung KB Dwi Joko Supriyanto mengatakan bahwa kampung KB Tegaldowo sudah meraih prestasi di tingkat nasional dan Jateng.

Penghargaan yang pernah diterima seperti juara 1 Lomba Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020, dinobatkan sebagai Desa Mandiri oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2023, hingga pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 dan pelaksana terbaik SDGs tingkat nasional.

Baca Juga :   Ratusan Warga Rembang yang Ikut Mudik Gratis Telah Sampai di Kampung Halaman

Keberhasilan Kampung KB Tegaldowo sebagai juara, diraih sebab tim penilai tertarik dengan kegiatan Tim penggerak PKK di Tegaldowo berupa kebun sayur dan buah-buah.

“Kebun sayur dan buah dari program hatinya PKK di Tegaldowo ini memiliki area sendiri. Sayur dan buah di sana tumbuh dengan baik,” jelasnya.

Prestasi ini pun diharapkan bisa menginspirasi desa lainnya untuk memajukan Kampung KB.

Sebagai informasi, Juara 1 diraih oleh Kampung KB Kokolaka Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Juara 2 Kampung KB Pelangi Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan Juara Harapan 1 Kampung KB Soesera Kasih Kelurahan Sondakan Kota Surakarta, juara harapan 2 Kampung KB Citra Lestari Kelurahan Padukuhan Kraton Kota Pekalongan dan disusul harapan 3 Kampung KB Serasi Desa Sidasari Kabupaten Cilacap. (*)

Baca Juga :   Masa Jabatan 208 Kades di Kabupaten Semarang Bertambah 2 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *