Inilah Cara Mudah untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Kamu

Rembangnews.com – Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes. Untungnya, ada beberapa cara alami untuk menurunkan kadar gula darah yang mudah untuk kamu ikuti. Tak hanya lemak, saat lebaran juga bisa mengancam gula darah. Aneka makanan dan minuman berkarbohidrat dan manis tentu disajikan saat perayaan Idul Fitri.

Jangan lupa untuk cek kadar gula darah setelah lebaran. Berikut adalah kadar gula darah normal remaja dan dewasa usia 12 tahun ke atas:

  • Kadar gula normal – kadar gula darah puasa 70-130 md/dl
  • gula darah setelah makan – nilai gula darah sebelum tidur 100-140 mg/dl.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk menurunkan gula darah. Berikut beberapa cara yang dapat menurunkan gula darah, mengutip beberapa sumber :

  1. Sering berjalan

Berjalan adalah cara yang bagus untuk menurunkan gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. Selain berjalan kaki, kamu juga bisa naik turun tangga secara rutin. Lakukanlah jalan kaki secara teratur setiap hari hingga 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu.

  1. Sarapan dengan gandum utuh

Untuk menurunkan gula darah, ada anjuran lebih banyak mengonsumsi biji-bijian utuh, seperti quinoa. Biji-bijian utuh penuh serat dapat mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan  gula darah.

  1. Cobalah olahraga berat sesekali

Tidak ada salahnya sesekali berolahraga dengan intensitas tinggi seperti high interval intensity training (HITT). Tidak harus terlalu sering atau lama, kamu dapat melakukannya dengan cepat. Misalnya, kamu bisa berlari kencang di atas treadmill selama 30 detik. Kemudian lanjutkan dengan berjalan lambat atau joging.

  1. Pilih buah, bukan jus

Buah penting untuk kesehatan. Namun, manfaatnya tidak terlalu penting jika mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Justru malah bisa juga menjadi masalah kesehatan seperti diabetes yang didapat.  Jus biasanya mengandung lebih banyak kalori dan gula daripada buah utuh. Untuk itu, sebaiknya pilih buah utuh yang sudah diolah menjadi jus.

  1. Jalan-jalan setelah makan

Jalan kaki atau beraktivitas fisik setelah makan juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang berjalan selama 20 menit setelah makan mengalami penurunan gula darah yang signifikan. Aktivitas dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah.

  1. Pilih sayuran non tepung

Sayuran itu baik, tetapi tidak semuanya diciptakan sama dalam hal karbohidrat. Setengah cangkir sayuran bertepung seperti kacang polong, jagung atau labu sama dengan 15 gram karbohidrat. Alih-alih memilih sayuran bertepung, lebih baik rutin mengonsumsi sayuran seperti selada, kembang kol, bayam, kangkung, dan brokoli.

  1. Rutinitas berjemur

Vitamin D dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Melengkapi asupan vitamin D dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Berjemur bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah. Beberapa ahli berpendapat bahwa vitamin D dari matahari mungkin memiliki efek positif pada resistensi insulin.

  1. Memilih acang-kacangan sebagai camilan

Kacang-kacangan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal itu karena kandungan lemak sehat dan rendah karbohidrat pada kacang. Misalnya, 1 ons almond hanya mengandung sekitar 164 kalori dan 6 gram karbohidrat.

  1. Makan dengan mindful

Hindari makan siang di depan komputer saat bekerja atau menonton TV. Tujuannya adalah makan dengan konsep mindfulness. Dengan cara ini, kamu bisa memperhatikan sinyal lapar dan kenyang tubuh. Cara menurunkan gula darah ini juga membuat kamu lebih bijak dalam menilai makanan yang kamu pilih.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung Naik Saat Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *