Inilah 5 Penyebab Kulit Kaki Mengelupas Serta Cara Mengatasinya

Rembangnews.com – Kulit kaki yang mengelupas merupakan salah satu masalah yang umum bagi banyak orang. Hal tersebut dapat terjadi sebab sejumlah faktor yang berbeda, seperti kulit kering, infeksi jamur, alergi, dan bahkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti psoriasis atau eksim. Kulit kaki yang mengelupas tentu tidak menyenangkan dan dapat memengaruhi penampilan.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pada artikel ini, kami membahas penyebab kulit kaki mengelupas dan pengobatannya. Penyebab kulit kaki mengelupas :

  1. Kulit kering

Kaki kering adalah penyebab paling umum dari kulit kaki terkelupas. Kulit kering biasanya disebabkan oleh suhu dingin atau panas yang ekstrim, penggunaan sabun yang kuat atau  minum air yang cukup.

  1. Penyakit jamur

Infeksi jamur pada kaki dapat menyebabkan pengelupasan kulit pada kaki, terutama di sekitar jari. Infeksi jamur biasanya terjadi pada orang yang sering berkeringat di kaki atau terlalu sering memakai sepatu.

  1. Alergi

Alergi terhadap zat tertentu, seperti pewarna atau bahan kimia pada sepatu atau kaus kaki, dapat menyebabkan pengelupasan kulit. Alergi juga terjadi sebab makanan  atau produk perawatan kulit tertentu yang digunakan pada kaki.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kulit menjadi merah, kering dan bersisik. Psoriasis dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk kaki.

  1. Eksim

Eksim adalah kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah, gatal dan bersisik. Eksim bisa muncul di bagian tubuh mana saja.

Baca Juga :   Waspada Penyebab Sering Buang Air Kecil (BAK) yang Sering Disepelekan

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan pengelupasan pada kulit kaki, inilah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut :

  1. Menggunakan pelembab

Melembabkan merupakan cara yang efektif untuk mengatasi kulit kering dan bersisik pada kaki. Gunakan pelembab kaki setiap hari, terutama setelah mandi atau sebelum tidur.

  1. Hindari menggunakan sabun yang kuat

Sabun yang keras dapat menghilangkan minyak alami kulit. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan kekeringan dan pengelupasan. Gunakan sabun lembut tanpa pewangi untuk membersihkan kaki.

  1. Kenakan sepatu yang tepat

Sepatu yang tidak pas atau terlalu ketat dapat mengiritasi kulit kaki dan menyebabkan pengelupasan. Pastikan kamu memilih sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kakimu.

  1. Jangan berbagi atau meminjamkan sepatu

Berbagi sepatu dapat menyebabkan jamur kaki. Selalu kenakan sepatu yang bersih dan kering, terutama di area publik seperti kolam renang, pusat kebugaran, atau sauna.

  1. Gunakan obat antijamur

Jika kulit kaki kamu mengelupas akibat infeksi jamur, dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur untuk membunuh jamur penyebab infeksi. Obat ini bisa dalam bentuk krim, salep atau tablet.

  1. Kompres dengan air hangat

Kompres air hangat dapat membantu melembapkan kulit kaki dan mengurangi pengelupasan kulit. Rendam kaki dalam air hangat selama 15-20 menit lalu keringkan dengan lembut.

  1. Makan makanan sehat

Kulit kaki yang sehat membutuhkan nutrisi yang baik. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kaki Anda.

  1. Mengurangi stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Kurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau berjalan di alam.

  1. Konsultasi medis

Jika kulit di kaki mengelupas dan tidak sembuh bahkan setelah perawatan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter dapat membantu menentukan penyebabnya dan membuat rekomendasi pengobatan yang tepat.

Baca Juga :   Cara Efektif Menghilangkan Stretch Mark pada Kulit Secara Medis dan Alami

Pengelupasan kulit pada kaki dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu dan mempengaruhi penampilan. Namun, dengan menerapkan beberapa cara yang dijelaskan di atas, pengelupasan kaki dapat di obati secara efektif. Penting untuk menghindari faktor penyebab seperti kulit kering, infeksi jamur dan alergi. Selain itu, perawatan rutin seperti menggunakan pelembap, membersihkan kaki, dan mengikuti pola hidup sehat dapat membantu mencegah pengelupasan kulit pada kaki. Jangan takut untuk berkonsultasi ke dokter jika kulit di kaki kamu mengalami masalah serius dan tidak kunjung membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *