7 Cara Menghindari Tekanan Darah Rendah Atau Hipotensi Agar Tetap Fit Saat Berpuasa

Rembangnews.com – Saat puasa kamu perlu waspada hipotensi atau tekanan darah rendah. Hal ini karena hipotensi adalah kondisi yang banyak diderita orang saat berpuasa. Gejala hipotensi termasuk pusing, sakit kepala, sesak napas dan kelelahan.

Jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat menjadi cukup parah hingga menyebabkan pingsan dan mungkin kamu perlu membatalkan puasa. Berikut beberapa cara menghindari tekanan darah rendah saat berpuasa :

  1. Tidur yang cukup

Selama Ramadan, usahakan tidur minimal 6-8 jam setiap malam. Kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

  1. Jangan lewatkan sahur

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Untuk mendapatkan energi ekstra agar tubuh tidak lemas, sebaiknya jangan melewatkan waktu makan, karena hal ini dapat membuat kamu sulit berpuasa sepanjang hari dan menyebabkan tekanan darah rendah.

  1. Perbanyak minum air putih saat sahur dan saat berbuka

Orang yang berpuasa tidak dapat minum air sebebas biasanya. Kekurangan air dan garam dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan dehidrasi. Minumlah setidaknya 2-3 liter air antara sahur dan buka puasa. Hal tersebut berguna untuk mempersiapkan tubuh saat berpuasa selama beberapa jam ke depan.

  1. Makan sayur dan buah saat sahur dan berbuka

Makanlah buah dan sayur yang kaya serat. Buah dan sayuran menyimpan banyak air yang mampu membantu memulihkan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi dan tekanan darah rendah.

  1. Minumlah kafein

,inuman berkafein dapat membantu mencegah tekanan darah turun. Perhatikan bahwa konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek diuretik dan menyebabkan dehidrasi dan tekanan darah rendah. Jadi, konsumsilah secukupnya saja.

  1. Hindari paparan sinar matahari

Selama puasa, hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama. Sebab suhu panas yang tinggi dapat menyebabkan keringat berlebih. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi dehidrasi dan tekanan darah rendah.

  1. Perhatikan menu saat sahur dan berbuka puasa

Makan makanan yang kaya potasium, yodium dan magnesium, seperti pisang dan ikan. Mineral-mineral ini memainkan peran yang efektif dalam mengendalikan tekanan darah dan menjaganya agar tetap dalam kisaran normal. Ini jelas salah satu cara menghindari tekanan darah rendah saat berpuasa.

Baca Juga :   3 Teknik Relaksasi untuk Tenangkan Pikiran

Sekian beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari tekanan darah rendah selama puasa Ramadan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *