Aplikasi Untuk Cek Kemacetan Lalu Lintas

Rembangnews.com – Libur tahun baru 2024 sudah mulai. Tentunya masa liburan seperti ini membuat jalanan banyak yang macet. Untuk menghindari kemacetan, berikut aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cek lalu lintas :

  1. Aplikasi Google Maps

Google Maps merupakan peta dan navigasi digital yang dikembangkan oleh Google ini memiliki berbagai fitur lengkap, di antaranya fitur yang dapat memberikan informasi kepadatan lalu lintas di ruas-ruas jalan. Google Maps memberikan tanda berupa warna yang menunjukkan kondisi lalu lintas, yaitu warna merah, kuning, dan hijau.

Jalan yang ditandai dengan warna merah menunjukkan kondisi lalu lintas yang padat atau sedang terjadi kemacetan di jalan tersebut. Adapun jalan yang ditandai warna kuning artinya kondisi lalu lintas yang cukup ramai, namun masih terdapat jarak antar kendaraan. Sedangkan jalan yang ditandai warna hijau menunjukkan bahwa kondisi lalu lintas di jalan tersebut berjalan lancar atau tidak terjadi kemacetan.

Baca Juga :   Ingin Lepas dari Kesulitan Hidup, Baca Doa Ini

Pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut untuk melihat kepadatan lalu lintas dengan cara mengklik ikon persegi kecil yang muncul saat sedang membukan peta, lalu pilih opsi detail peta “Lalu Lintas”. Selanjutnya, Google Maps akan menampilkan peta dengan informasi khusus kondisi lalu lintas di jalan.

  1. RTTMC

RTTMC merupakan kepanjangan dari Road Transport and Traffic Management Center, sebuah layanan pemantauan lalu lintas yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan. RTTMC juga menyediakan siaran langsung pemantauan lalu lintas melalui kamera CCTV yang terpasang di lebih dari 30 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan.

Untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh RTTMC, bisa juga dengan mengunjungi situs resminya di http://rttmc.dephub.go.id.

  1. Tol Kita

Tol Kita memungkinkan pengguna untuk melihat titik kemacetan melalui CCTV secara langsung yang terpasang di berbagai ruas jalan tol.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Tentang Puasa Sunnah Ayyamul Bidh

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu klik menu “CCTV” yang terletak di halaman awal aplikasi. Lalu, aplikasi akan menampilkan peta dengan ikon CCTV. Klik salah satu ikon CCTV yang akan dipantau di salah satu ruas jalan tol. Selanjutnya, akan ditampilkan siaran lalu lintas terkini dari kamera CCTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *