Menkominfo Baru Berencana Bentuk Tim Pengawas Medsos

Rembangnews.com – Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Juli 2023 kemarin secara resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) baru. Budi Arie akan menjabat sebagai Menkominfo untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Setelah resmi menduduki jabatan Menkominfo, Budi Arie Setiadi tak tanggung-tanggung langsung mengungkapkan rencana ke depannya.

Ia berencana untuk membentuk tim pengawas media sosial (medsos) guna mengatasi konten yang meresahkan. Alasan balik rencana ini adalah melihat banyaknya konten yang menimbulkan kekhawatiran di medsos saat ini.

Menteri Menkominfo menjelaskan bahwa perkembangan teknologi saat ini telah menyebabkan munculnya berbagai konten yang meresahkan. Namun, saat ini belum ada tim yang secara khusus memantau konten yang tersebar di medsos. Oleh karena itu, Menteri Budi ingin berinovasi dan mengembangkan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi masalah ini.

Baca Juga :   e87bf4eb35659090246c887ac8fa9940

Menteri Budi berpendapat bahwa pengendalian platform-platform medsos merupakan tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika. Namun, saat ini ia belum dapat memberikan rincian tentang langkah konkret yang akan diambil.

Selain pengawasan konten di medsos, Menteri Budi memiliki tiga prioritas lain yang harus diselesaikan.

Prioritas tersebut meliputi pembangunan infrastruktur digital, memperkuat ekosistem digital seperti e-commerce, perlindungan data pribadi, dan mempromosikan narasi pemilu damai pada tahun 2024.

Sebagai informasi, sebelum menjabat sebagai Menkominfo, Budi Arie Setiadi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes).

Tak hanya sebagai Menkominfo, Budi Arie Setiadi saat ini juga menjabat sebagai Ketua ILUNI FISIP UI periode 2022-2025. Dia juga memiliki pengalaman sebagai wartawan dan redaksi mingguan Kontan dari tahun 1996 hingga 2001.

Baca Juga :   Kenali Gejala Kanker pada Anak

Selain itu, Budi Arie pernah menjadi pendiri harian Bergerak pada tahun 1998 dan Direktur Utama beberapa perusahaan. Dalam karir politiknya, Budi Arie juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta dan Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta.

 

Demikian informasi terkait rencanan ke depan dari Menkominfo baru Indonesia. Selamat kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi atas tanggung jawab barunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *