Cara Atasi Notifikasi Pesan WhatsApp yang Tidak Muncul

Rembangnews.com – Notifikasi pesan pada WhatsApp sangat penting mengingat fungsinya untuk memberitahu pengguna bahwa ada pesan WA masuk.

Namun sebagian pengguna mengalami masalah terhadap notifikasi WhatsApp mereka.

Pengguna tenang saja, karena berikut cara mengatasi notifikasi pesan WhatsApp yang tidak muncul :

  1. Periksa Pengaturan Notifikasi

Jika setelan pengaturan ini tidak diaktifkan, wajar saja apabila tidak ada notifikasi pesan yang masuk. Maka dari itu, pastikan jika notifikasi WA telah aktif. Adapun cara untuk mengecek notifikasi WA sudah aktif atau belum bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan atau Settings di HP.
  • Selanjutnya, cari Notifikasi atau Notification.
  • Kemudian, cari aplikasi WhatsApp dan klik aplikasi tersebut.
  • Lalu, aktifkan Izin Tampil Notifikasi.
  • Setelah itu, pengguna WhatsApp dapat coba mengetes, untuk memastikan jika notifikasi pesan sudah masuk.
  1. Nonaktifkan HP dalam Mode Tertentu

Seringkali, secara tidak sadar penyebab pesan masuk WA tidak muncul pemberitahuannya karena ponsel yang digunakan sedang berada di mode tertentu, seperti mode tidak bisa diganggu atau “do not disturb”.

Baca Juga :   Cara Mudah Unduh Video Tiktok Tanpa Watermark

Tentunya, dalam kondisi mode tersebut pengguna bisa dengan bebas melakukan berbagai aktivitas di ponsel menggunakan internet tanpa menerima notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang diunduh, termasuk WA.

Bukan hanya itu saja, rata-rata ponsel saat ini juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan mode tertentu seperti mode bekerja, mode bermain, ataupun mode hemat daya. Secara tidak langsung, mode-mode ini dapat membatasi ruang gerak beberapa aplikasi, terutama yang berkaitan dengan kemunculan notifikasinya.

  1. Menghapus Cache WhatsApp dan Rajin Membersihkan RAM di HP

Cache sendiri merupakan data-data sementara yang tersimpan di ponsel. Data-data ini nantinya akan disimpan di bagian memori RAM HP. Jika memori RAM terlalu penuh, maka dapat memengaruhi kinerja ponsel termasuk masalah notifikasi yang masuk dari WA.

Baca Juga :   Viral Bug WhatsApp yang Bisa Aktifkan Mikrofon Pengguna

Dengan demikian, pengguna wajib membersihkan cache WA yang bisa dilakukan lewat buka Pengaturan > pilih menu Aplikasi > cari WhatsApp > lalu, masuk ke Penyimpanan dan klik Hapus Cache.

Selain untuk menjaga kesehatan ponsel, pengguna diimbau untuk membersihkan RAM secara berkala. Caranya adalah buka Pengaturan > klik Memori pada menu Perawatan Perangkat > lalu klik bersihkan memori RAM.

  1. Restart HP

Salah satu hal yang dapat dilakukan pertama kali ketika ponsel mengalami masalah baik dari aplikasi maupun ponsel itu sendiri ialah dengan merestart ponsel. Hal ini dikarenakan dengan merestart dapat menghapus bug, termasuk bug yang menyebabkan notifikasi WA tidak masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *