Tips Aman Gunakan Powerbank Agar Baterai HP Awet

Rembangnews.com – Berikut tips aman gunakan powerbank agar baterai hp kamu tidak mudah rusak.

Powerbank merupakan sebuah teknologi untuk pengisian daya smartphone yang memungkinkan menambah daya dimana saja, selama daya yang ada didalamnya masih cukup untuk ditransfer.

Inilah tips pemakaian powerbank agar baterai hp aman :

  1. Jangan Pakai Kabel USB Abal-abal

Kabel USB yang belum terjamin kualitasnya akan menghasilkan transfer daya yang tidak stabil sehingga merusak baterai ponsel. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk memakai kabel USB dari produsen terpercaya. Biarpun sedikit lebih mahal, hal ini juga merupakan bagian dari investasi jangka panjang untuk memelihara kesehatan performa baterai ponsel.

  1. Gunakan Powerbank Sesuai Kapasitas Baterai HP

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah menggunakan powerbank yang memiliki kapasitas sesuai dengan ponsel. Jika kapasitas daya powerbank terlalu kecil, maka powerbank tidak cukup mengisi daya ponsel hingga penuh. Sebaliknya, powerbank dengan kapasitas terlalu besar bisa menyebabkan kondisi overheat pada ponsel yang di charge.

  1. Hindari Isi Baterai Semalaman

Tak hanya ketika menggunakan charger biasa yang disambung ke listrik, saat menggunakan powerbank pun, perangkat yang di charge juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama, apalagi sampai semalaman. Pengisian daya yang berlebihan dari powerbank dapat mengurangi usia pemakaian baterai ponsel.

  1. Hindari Powerbank Kehabisan Daya

Tips selanjutnya agar powerbank tidak merusak baterai ponsel, maka powerbank tersebut juga harus berada dalam kondisi yang baik. Pada hal ini, powerbank tidak boleh dalam keadaan daya yang benar-benar habis. Akibatnya, timbul kondisi “deep discharge” pada baterai powerbank tersebut. Kondisi ini dapat berakibat fatal dengan merusak baterai powerbank tersebut.

  1. Tempatkan Powerbank di Suhu Ruangan

Sama seperti ponsel dan gadget lainnya, powerbank sebaiknya ditempatkan di suhu ruangan atau tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sebab, paparan suhu yang tinggi dapat merusak powerbank berserta perangkat yang sedang melakukan pengisian daya.

Baca Juga :   Atasi Pertumbuhan Uban di Usia Muda Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *