Peringatan Hari Bela Negara ke-75, Pemkab Rembang Gelar Upacara

Rembang, Rembangnews.com – Memperingati Hari Bela Negara ke-75, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menggelar upacara pada hari ini Selasa (19/12/2023).

Upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati itu juga turut menghadirkan para veteran. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), organisasi perangkat daerah, TNI, Polri, pelajar dan mahasiswa juga turut hadir.

Tema yang diambil tahun ini adalah “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”. Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam kesempatan itu membacakan amanat dari Presiden Jokowi.

Ia mengajak masyarakat untuk bersatu dan memberikan kontribusi positif terhadap negara.

“Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ujarnya.

Baca Juga :   Rombongan Eks Napi Terorisme Ikuti Kajian di Rembang bersama Gus Baha

Ia juga mengingatkan masyarakat akan tantangan yang dihadapi ke depannya.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” kata Bupati Hafidz mengutip amanat presiden.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Hari Bela Negara dirayakan setiap tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948 silam.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Akan Gelar Tradisi Syawalan, Pendaftaran Pedagang Dibuka

Keberadaan PDRI membuat eksistensi kepemimpinan Republik Indonesia akibat Agresi Militer Belanda II dapat dipertahankan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *