Salat Sunnah Dhuha Punya Berbagai Keutamaan, Ini Penjelasannya

Rembangnews.com – Menjalankan salat sunnah dhuha memiliki berbagai keutamaan. Bagi ummat Islam, mengetahui keutamaan ini akan membuat kita semangat beribadah.

Berikut ini keutamaan melaksanakan salat Dhuha.

Pertama, melaksanakan salat dhuha adalah bentuk sedekah tubuh. Rasulullah SAW bersabda bahwa salat dhuha merupakan bentuk sedekah, hal itu termuat dalam hadits berikut.

“Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan salat dhuha dua raka’at,” (HR Muslim).

Kedua, dengan menunaikan salat Dhuha maka akan mencukupkan rezeki orang yang salat dhuha tersebut sepanjang hari.

Allah SWT telag berjanji akan memberikan kecukupan bagi orang yang mengerjakan salat dhuha minimal dua rakaat hingga delapan rakaat. Hal itu berdasarkan pada hadits berikut.

Baca Juga :   Doa Agar Giat Beribadah

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu,” (HR. Ahmad).

Ketiga, orang yang menunaikan salah Dhuha tidak termasuk dalam golongan orang yang lalai. Allah telah memberikan setiap manusia kenikmatan, dari nikmat bernafas hingga nikmat sehat dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, menunaikan salat Dhuha bisa menjadi salah satu bentuk syukur umat Islam atas nikmat yang diberikan Allah tersebut, dan tidak disebut sebagai orang yang lalai.

Hal ini sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW dalam hadits berikut ini.

“Orang yang mengerjakan salat dhuha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i). (*)

Baca Juga :   Doa Dimudahkan Mengerjakan Ujian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *