Apa Itu Turbulensi Pada Pesawat?

Rembangnews.com – Menjadi perhatian dunia, Pesawat Singapore Airlines rute London-Singapura dilaporkan terjun drastis yang memicu turbulensi parah. Kejadian ini memicu setidaknya puluhan orang dirawat di rumah sakit dan satu kematian.

Pada dasarnya, turbulensi pesawat adalah keadaan di mana terjadi perubahan tekanan dan kecepatan aliran udara secara drastis. Perubahan tersebut pun menimbulkan guncangan pada badan pesawat.

Sebenarnya, turbulensi pesawat lumrah terjadi dan tidak berbahaya. Tiap pesawat telah dirancang sedemikian rupa agar dapat kuat menghadapi turbulensi.

Pilot juga dapat memprediksi kapan terjadinya turbulensi menggunakan radar cuaca. Umumnya, penyebab turbulensi adalah adanya awan atau cuaca buruk. Selain itu, ada juga clear air turbulence (CAT) yang justru terjadi di udara cerah.

Baca Juga :   Tata Cara Sholat Taubat, Amalan Pelebur Dosa

Penyebab utama turbulensi yang terjadi pada umumnya adalah awan. Pesawat kita terkadang terbang sambil menembus awan. Saat menembus awan inilah, pesawat akan mengalami turbulensi dan mengguncang penumpang di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *