8 Tipe Kepribadian Ekstrovert MBTI

Rembangnews.com –Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan tes yang dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang.

Berikut 8 tipe kepribadian ekstrovert MBTI :

  1. ESTP

ESTP suka mengambil pendekatan praktis untuk pemecahan masalah yang akan menghasilkan hasil secara langsung. ESTP terampil menangkap sedikit petunjuk tentang kepribadian dan perasaan orang lain, yang berkontribusi pada keterampilan sosial mereka yang kuat.

Mereka cenderung bosan dengan teori-teori abstrak dan lebih suka mengambil tindakan energik untuk memecahkan masalah. ESTP bersifat spontan, fokus pada saat ini dan cenderung belajar paling baik dengan cara melakukan atau praktek.

  1. ESFP

ESFP adalah singkatan dari tipe kepribadian extrovert, sensing, feeling, dan perceiving.

Seorang ESFP atau yang biasa disebut The Performer merupakan orang yang sangat energik, dan selalu melihat kesenangan di sekitarnya. Orang dengan tipe ini suka melakukan hal yang dapat menghibur orang sekitar.

Mereka juga orang yang suka bersenang-senang, tak heran seorang ESFP kerap mengadakan pesta bersama teman-temannya.

  1. ENFP

ENFP biasa disebut sebagai The Champion. Tipe kepribadian ENFP adalah singkatan dari extrovert, intuitive, feeling, dan perceiving.

Orang yang memiliki MBTI ENFP merupakan pribadi yang energik, kreatif, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Baca Juga :   Corona Naik Hingga Bertambah 6601 Kasus, Simak Aturan PPKM

Selain itu, kepribadian ENFP juga cenderung peka dengan lingkungan sekitar, dan pandai merasakan situasi keadaan di sekitarnya.

  1. ENTP

Sekitar 2-5 persen orang memiliki kepribadian ENTP di dunia. ENTP biasa disebut The visionary atau inovator lantaran punya motivasi besar dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi baru, sekalipun itu menantang.

ENTP memiliki rasa penasaran yang tinggi dan dibekali kecerdasan luar biasa, namun mereka juga mampu memahami orang lain dan prinsip yang berlaku di sekitarnya.

ENTP selalu mengandalkan akal pikiran dan selalu memilih keputusan berdasarkan hal yang objektif. Ciri khas kepribadian ENTP antara lain: punya semangat yang tinggi dan merasa senang ketika bisa membantu orang lain, pemikir yang rasional dan multitalenta, senang memperdebatkan suatu masalah untuk membuktikannya, seorang pemimpin yang baik dan tidak memaksa, serta menghargai pengetahuan serta kompetensi yang berbeda dari masing-masing orang, cenderung aktif dan banyak bergerak.

Meski demikian, ENTP disarankan untuk tidak selalu ingin menang sendiri dan hindari perdebatan tidak penting. Belajar untuk memberikan perhatian lebih pada orang lain, serta belajar untuk lebih waspada agar tidak terlalu optimistis.

Baca Juga :   Ini Yang Harus Kamu Lakukan Apabila Mengalami KDRT

Pekerjaan yang cocok bagi ENTP adalah psikolog, pengacara, konsultan, insinyur, aktor, peneliti, programer, pebisnis, dan sales/marketing. Sementara pasangan yang cocok untuk pribadi ENTP adalah INFJ atau INTJ yang bisa menjaga keseimbangan dan tidak saling mendominasi.

  1. ESTJ

Kamu yang memiliki kepribadian ESTJ biasa disebut sebagai The Guardians atau pelindung. Orang dengan kepribadian ESTJ cukup banyak, sekitar 8-12 persen di dunia.

Menurut dimensinya, ESTJ adalah individu pekerja keras, dengan mindset tradisionalnya. Mereka punya semangat tinggi dalam bertindak dan sangat bertanggung jawab dalam mengatur proyek atau orang lain.

ESTJ sangat tahu menempatkan diri sesuai dengan aturan dan tertib. Jika sudah melakukan sesuatu, ESTJ akan menyelesaikannya sampai tuntas dengan cara yang sistematis dan terukur.

ESTJ selalu mengambil keputusan berdasarkan rencana yang sudah dipikirkannya masak-masak.

ESTJ disarankan untuk mengurangi kehendak mengontrol atau memaksa orang lain. Cobalah untuk lebih sabar dan jangan lupa menstimulasi kesehatan mental.

Pekerjaan yang cocok bagi ESTJ adalah hakim, polisi, tentara, pegawai bank, atau detektif. Selain itu, ESTJ cocok dengan seseorang yang memiliki kepribadian ISTP atau INTJ lantaran mampu memberikan rasa tenang dan tidak ada upaya saling mendominasi.

  1. ESFJ

ESFJ mencintai orang dan menaruh minat yang hangat kepada orang lain. Mereka memiliki keinginan kuat untuk disukai.

Baca Juga :   Fenomena Langit Bulan Juni 2024

ESFJ cenderung berbakat membuat orang lain merasa baik tentang diri mereka sendiri. Mereka teliti, ramah dan kooperatif. ESFJ senang ketika mereka dihargai dan memberikan kontribusi.

  1. ENFJ

ENFJ adalah singkatan dari tipe kepribadian extrovert, intuitive, feeling, dan judging. Tipe kepribadian yang satu ini kerap disebut The Protagonist.

Orang dengan kepribadian ENFJ merupakan seorang yang idealis, well-planned, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, serta mampu melihat potensi orang lain secara baik.

Tak jarang, orang dengan kepribadian ENFJ berkarier sebagai konselor, guru, bahkan seorang HRD.

  1. ENTJ

ENTJ adalah orang yang lugas, tegas dan siap melangkah ke peran kepemimpinan. Mereka hidup di dunia yang penuh kemungkinan dan memandang kesulitan sebagai tantangan yang harus diatasi.

Mereka fokus berkarir dan mencari cara untuk mengubah masalah menjadi solusi. ENTJ menikmati perencanaan jangka panjang dan penetapan tujuan. Mereka cenderung berpengetahuan dan mungkin kuat dalam menyajikan ide-ide.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *