Sejarah Perahu Kuno Punjulharjo Rembang

Rembang, Rembangnews.comPerahu Kuno yang ada di Desa Punjulhajo Kecamatan Rembang menjadi salah satu peninggalan sejarah yang tak kalah menarik untuk dibahas.

Perahu tersebut berukuran besar dan seperti namanya, tampak kuno. Perahu itu diketahui sudah ada sejak abad ke 7 hingga 8 Masehi.

Saat ini, perahu tersebut ditempatkan di sebuah ruang semacam aula dikelilingi pagar besi. Panjangnya sekitar 15 meter.

Perahu kuno itu diketahui ditemukan pertama kali pada tahun 2008. Saat itu perahu ditemukan warga yang hendak menggali tanah untuk membuat tambak, sekitar 500 meter dari pantai. Perahu ditermukan berada di kedalaman 2 meter.

Balai Arkeologi Yogyakarta pun melakukan penelitian atas penemuan itu. Daerah kepulauan wilayah Asia Tenggara, pada masa silam diketahui memang banyak yang menggunakan ikatan ijuk dan pasak kayu untuk membuat perahu.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Ajukan Penambahan Kuota LPG 3 Kg

Hingga kemudian pada tahun 2011 hingga 2018 dilakukan konservasi lanjutan di sana. Usai dilakukan konservasi, maka dimulailah pengembangan situs perahu kuno Punjulharjo tersebut.

Kini situs perahu kuno ini pun bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Rembang. Masyarakat yang ingin berkunjung, hanya cukup pergi sejauh 7 km arah timur dari Alun-alun Rembang sebelah utara jalur pantura. Tepatnya, hanya 500 meter dari pantai Punjulharjo. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *