Olahraga Ternyata Berdampak pada Mental, Ini Dia Penjelasannya

Rembangnews.com – Menjalankan olahraga secara rutin ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan fisik kita namun juga kepada mental.

Bayangkan jika kamu sedang dalam keadaan stress, lalu melakukan olahraga. Maka kamu pasti akan merasakan stress tersebut sedikit mereda atau bahkan menghilang.

Berikut ini dampak baik olahraga bagi mental.

  1. Mengurangi stres

Saat stress kita mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol, sehingga menyebabkan beberapa bentuk emosi, seperti cemas, gelisah, marah, takut, dan bahkan panik.

Yang nantinya juga bisa berdampak pada gejala fisik, seperti otot menegang, sakit kepala, atau nyeri leher dan punggung.

Sedangkan olahraga dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan produksi endorfin. Endorfin adalah hormon yang membangkitkan rasa senang dan semangat.

  1. Mengatasi cemas dan depresi
Baca Juga :   Jenis Gangguan yang Akan Muncul Saat Kamu Stress, Ketahui Apa Saja

Olahraga dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan. Ketika kita olahraga, maka kita akan merasa lebih baik karena bisa melupakan sejenak semua pikiran negatif yang ada di kepala.

  1. Meningkatkan suasana hati

Berolahraga akan membuat kita menjadi lebih tenang dan positif. Hal ini karena faktor hormon endorfin dan serotonin yang dikeluarkan tubuh saat olahraga sehingga suasana hati menjadi meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *