Bantu Tangani Kecelakaan di Perairan, Relawan SAR Arnavat Dikukuhkan Hari Ini

Rembang, Rembangnews.com – Guna membantu menangani kecelakaan di perairan, Polda Jawa Tengah mengukuhkan relawan SAR “Arnavat” dari 2 Polres yaitu, Polres Rembang dan Polresta Pati pada hari ini, Kamis (13/6/2024).

Pengukuhan dilakukan oleh Dirpolairud Polda Jawa Tengah Kombes Pol Hariadi, S.H., S.I.K. di Pantai Karangjahe Beach Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

Kegiatan pengukuhan juga dihadiri oleh Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K., M.H., Wakapolresta Pati AKBP Dandi Ario Yustiawan, S.H., PJU Dit Polairud Polda Jateng, PJU Polres Rembang bersama jajaran Satpolairud dan relawan Sar Arnavat masing-masing Polres yang di kukuhkan.

Kombes Pol Hariadi, S.H., S.I.K. mengatakan bahwa para relawan yang dikukuhkan diharapkan dapat membantu jajaran kepolisian dalam membantu gangguan kamtibmas maupun darurat bencana serta kecelakaan perairan di wilayah masing-masing.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Raih Penghargaan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

Sebagai informasi, angka kecelakaan di laut Jawa Tengah dalam setahun terakhir ini tergolong tinggi. Dimana kasus kapal tenggelam sekitar 40 kasus. Kemudian orang tenggelam karena wisata ada 38 kasus. Lalu orang meninggal dunia di atas kapal hampir 80 kejadian. Total orang meninggal dunia di laut berkisar antara 125-130 orang.

“Oleh karena itu, kita bentuk Relawan Sar Arnavat Sat Polairud dengan tujuan untuk membantu rekan-rekan Polairud di wilayah. Dikarenakan di wilayah itu personil Polairud kurang lebih hanya 15-20 personil,” jelasnya.

Dir Poalirud Kombes Hariadi mengatakan bahwa relawan SAR nantinya juga bisa diperbantukan untuk tugas memeliharan kamtibmas di daerah pesisir.

“Selain untuk tugas-tugas kemanusian, relawan juga bisa membantu dalam memelihara kamtibmas di daerah pesisir, sehingga akan meringankan tugas Polairud yang keterbatasan anggota,” terangnya. (*)

Baca Juga :   Puskesmas Pancur Raih Penghargaan Digital Transformation Award BPJS Kesehatan 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *