Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Sale

Rembang, Rembangnews.comPembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang dilakukan pada hari ini Rabu (19/6/2024).

Desa tangguh bencana sendiri merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Kegiatan dihadiri Bhabinkamtibmas Polsek Sale Bripka Aang Okta bertempat di balai Desa Sale. Kemudian Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Rembang Bp Risang Soko beserta Staf, Kades Sale Bp arif S. beserta perangkat, Bhabinkamtibmas Desa Sale Bripka Aang Okta, Babinsa Sale Sertu Safi’in, Toga dan Tomas Desa Sale.

Kapolsek Sale Iptu Mundhi, S.H. melalui Bhabinkamtibmas Bripka Aang Okta mengatakan bahwa program tersebut sudah dilakukan sejak 2012, namun untuk Desa Sale baru hari ini dilaksanakan.

Baca Juga :   Puluhan Pegawai Setda Bersama Bappeda Rembang Lakukan Senam Sehat

“Program desa tangguh bencana (Destana) sudah ada sejak 2012, namun untuk desa Sale baru hari ini di laksanakan, semoga desa Sale tidak menggunakan dana tersebut dan semoga tidak ada bencana,” ujarnya.

Pembentukan ini diharapkan desa bisa mengalokasikan dana desa untuk program penanggulangan bencana sesuai dengan kebutuhan desa tersebut. Hal ini juga merupakan amanat Permendesa PDTT No 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dimana kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan konflik sosial; serta penanganan bencana alam dan bencana sosial juga merupakan prioritas dalam penggunaan dana desa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *