SD di Rembang Raih Rp10 Juta Berkat Kepedulian pada Lingkungan Hidup

Rembang, Rembangnews.comSalah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Rembang meraih hadiah Rp10 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkat kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Sekolah tersebut adalah SD Negeri Magersari. Hadiah tersebut diberikan karena SD Negeri Magersari meraih gelar pelaksana terbaik Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

Kepala Sekolah SDN Magersari, Slamet Sujiharno mengatakan bahwa sekolahnya selama ini menerapkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS).

Para siswa diajarkan pada kebiasaan menjaga kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan. Seperti misalnya menjaga kebersihan toilet.

“Setiap hari, setiap kelas bertanggung jawab atas kebersihan kamar mandi dan WC, kami tinggal mengecek. Memang tidak mudah, namanya anak kecil kita para guru harus cerewet. Setelah berjalan 4 tahun, kebiasaan itu alhamdulillah lancar,” katanya.

Baca Juga :   Peternakan di Rembang Diharapkan Dapat Lebih Berkembang

Sedangkan dalam hal pengelolaan sampah, pihaknya menjalin kerja sama dengan desa. Dimana setiap bulan pihaknya akan menyetorkan limbah plastik. Siswa juga diajarkan membuat pupuk kompos bokashi dari limbah daun.

“Ini juga bermanfaat sekali untuk tanaman-tanaman sekitar,” ujarnya.

Siswa kelas 4 hingga 6 juga dilibatkan dalam pembibitan tanaman dan merawatnya, termasuk melakukan pencatatan pengukuran pertumbuhannya. Kegiatan tersebut tak hanya dilakukan di sekolah, namun juga di sepanjang tepi Sungai Karanggeneng.

“Kami menanam sekitar 50 bibit cemara laut. Sekolah SD yang ada di pinggir laut membutuhkan suplai dan kami bersama anak-anak yang menanam,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *