Yesus dan Ke-12 Murid-Nya

Rembangnews.com – Dalam ajaran Nasrani baik Katolik maupun Kristen pastinya mengenal  sosok Yesus beserta 12 para muridnya. Sebelum disalib, Yesus memiliki total 12 murid yang ia utus untuk menyebarkan ajarannya ke seluruh penjuru dunia.

Tentunya kedua belas muridnya dipilih langsung oleh Yesus untuk untuk menjadi rasul yang terlibat dalam mewartakan kebenaran tentang kerajaan surga.

Meskipun terdapat dua murid  yang menyangkal dan berkhianat kepada Yesus yaitu Simon Petrus dan Yudas Iskariot. Akan tetapi, Yesus tetap membasuh kakinya pada hari Kamis Putih sebelum dijatuhi hukuman mati.

Berikut ini deretan 12 murid Yesus yang diutus sebagai rasul:

1. Simon Petrus

Murid Yesus yang pertama bernama Simon Petrus. Murid satu ini merupakan sosok yang paling dekat dengan Yesus.

Namun Yesus sempat kecewa dengan perbuatannya karena Simon Petrus sempat menyangkal sebanyak tiga kali. Meskipun demikian Yesus mendatangi Simon Petrus dan tetap mengasihinya.

2. Andreas

Murid Yesus yang kedua yaitu Andreas. Murid satu ini merupakan saudara dari Simon Petrus yang berprofesi sebagai penjala ikan. Sosok murid satu ini merupakan tokoh yang membawakan lima roti dan dua ikan kepada anak kecil yang kelaparan.

Baca Juga :   Penghargaan Adiwiyata Dinilai Jadi Langkah Awal untuk Peduli Lingkungan

3. Yakobus

Murid Yesus ketiga yakni Yakobus. Sebelum diutus menjadi murid Yesus, Yakobus berprofesi menjadi nelayan bersama dengan ayahnya.

Namun setelah menjadi murid, Yakobus memiliki kedekatan dengan Yesus.

4. Yohanes anak Zebedeus

Murid Yesus berikutnya bernama Yohanes anak Zebedeus. Murid satu ini merupakan seseorang yang terpandang dari keluarga  Zebedeus. Meski terpandang namun Yohanes meninggalkan semua hal itu demi mewartakan kerajaan Allah.

Yohanes berasal dari keluarga Zebedeus yang kaya dan terpandang. Yohanes merupakan murid Yesus yang paling muda, ia baru saja meninggalkan masa remaja ketika menjadi murid-Nya.

5. Filipus

Murid Yesus yang kelima bernama Filipus. Pertama kali Yesus bertemu dengan Filipus tepat di dekat sungai Yordan, Betania.

Ketika Yesus mengutus murid asal Betsaida ini menjadi muridnya kemudian ia membawa Natanael dan Bartolomeus untuk ikut serta mewartakan kerajaan Allah dengan cara menjadi murid Yesus.

Baca Juga :   Mengapa Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina?

6. Bartolomeus

Murid keenam ini merupakan teman dari Filipus yaitu bernama Bartolomeus. Ia merupakan sosok orang yang sangat tulus, jujur dan cerdas. Hal itu membuat Yesus tak segan mengutusnya menjadi muridnya.

7. Tomas

Murid Yesus yang  ketujuh bernama Tomas. Sebelum diangkat menjadi murid, Tomas merupakan sosok orang yang penuh dengan keraguan dan lemah.

Namun ketika bertemu dengan Yesus, Tomas pada akhirnya belajar untuk tulus melayani tuhan.

8. Matius

Murid Yesus yang kedelapan bernama Matius merupakan sosok yang unik. Hal itu disebabkan karena sebelumnya dirinya berprofesi menjadi pemungut cukai dan dinamai Lewi.

Pekerjaan yang dilakoninya membuat dirinya dibenci oleh orang Yahudi. Namun ketika bertemu dengan Yesus ia pun mengubah nama menjadi Matius dan meninggalkan pekerjaanya yang tidak benar.

9. Yakobus Anak Alfeus

Murid Yesus yang kesembilan yaitu Yakobus Anak Alfeus. Dahulu ia memiliki pekerjaan sebagai pemungut cukai.

Baca Juga :   Netflix Lakukan PHK Tahap Dua, Sebanyak 300 Karyawan Terdampak

Namun setelah Yesus mengutus menjadi muridnya Yakobus Anak Alfeus berserah penuh kepada Tuhan bahwa dirinya bisa hidup bahagia bersamanya.

10. Tadeus

Murid Yesus yang kesepuluh yakni bernama Tadeus. Murid keempat ini lahir batin untuk mencurahkan segala isi hatinya untuk melayani Tuhan.

11. Simon Orang Zelot

Murid Yesus selanjutnya yaitu Simon Orang Zelot. Nama Zelot tersebut didapat dari suku yang dianut oleh Simon.

Dalam misteri ceritanya Yesus turut memanggil Petrus, Andreas, Simon, Yakobus. Yohanes dan Yudas untuk menjadi muridnya.

12. Yudas Iskariot

Murid Yesus yang terakhir bernama Yudas Iskariot. Murid kedua belas ini merupakan salah satu yang mengkhianati yesus dengan cara menjualnya kepada musuhnya seharga 30 keping perak. Setelah melakukan hal itu Yesus dibawa oleh musuh dan dijatuhi hukuman mati.

Yudas Iskariot pun sangat menyesal dan mengembalikan uang 30 perak itu kepada para orang tua Yahudi. Setelah mengembalikan uang tersebut Yudas melakukan bunuh diri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *