Empat Jenis Kepribadian Manusia Menurut Proto-Psikologi

Rembangnews.com – Setiap manusia tentu memilki kepribadian yang berbeda-beda. Jika didasarkan dalam teori proto-psikologis, maka manusia memiliki empat jenis kepribadian mendasar yang berbeda.

Empat kepribadian ini yaitu tipe melankolis, plegmatis, sanguinis, dan koleris. Tabib Yunani, Hippocrates pada tahun 460 370 SM pernah memasukkan empat temperamen ke dalam teori medisnya sebagai bagian dari konsep medis kuno tentang humorisme.

Lebih lanjut, penjelasan mengenai masing-masing tipe kepribadian manusia adalah sebagai berikut.

Tipe Kepribadian Plegmatis

Kepribadian plegmatis umumnya adalah orang-orang yang cinta damai. Orang dengan tipe ini suka mencari keharmonisan antar-pribadi dan hubungan deka.

Hal ini menjadikan orang-orang plegmatis adalah pasangan yang setia dan orang tua yang pengasih.

Baca Juga :   Mengenal Game Kids True Color dan Manfaatnya

Mereka juga suka menjaga hubungan dengan teman-teman lama, anggota keluarga yang jauh, dan tetangga.

Dalam hal kepribadian, tipe plegmatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menengahi orang lain untuk memulihkan perdamaian dan harmoni.

Plegmatis juga sangat suka beramal dan membantu orang lain. Karier yang ideal untuk tipe kepribadian plegmatis antara lain perawat, guru, psikolog, konseling, atau layanan sosial

Tipe Kepribadian Sanguinis

Kepribadian sanguinis biasanya cenderung hidup, optimis, ringan, dan riang. Tipe ini juga menyukai petualangan dan memiliki toleransi tinggi akan risiko.

Namun, mereka biasanya lemah dalam menoleransi kebosanan, serta akan mencari variasi dan hiburan. Secara alami, sifat ini kadang-kadang negatif dalam memengaruhi hubungan percintaan dan lainnya.

Karena kepribadian cenderung berperilaku mencari kesenangan, sehingga banyak orang dengan kepribadian sanguinis cenderung berjuang dengan kecanduan (ingin suatu hal dengan terus-menerus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *