Minuman Panas Bisa Sebabkan Kanker? Cek Faktanya

Rembangngews.com – Siapa yang menyangka jika meminum kopi panas bisa sebabkan kanker. Tak hanya kopi, bahkan meminum teh panas juga memiliki resiko yang sama.

Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian dari University of Cambridge yang menemukan ada sekitar 10.000 orang per tahun yang menderita kanker esofagus.

Kanker esofagus sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel ganas yang terjadi di esofagus (kerongkongan).

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kopi atau teh panas bisa meningkatkan risiko kanker esofagus hampir tiga kali lipat.

Meski begitu, mengonsumsi kopi tidak akan menyebabkan kanker yang lain, kecuali esofagus. Ini berdasarkan pada temuan yang diterbitkan jurnal Clinical Nutrition.

Masalah kopi yang menyebabkan risiko kanker ini juga diteliti di Inggris. Berdasarkan Telegraph, UK Biobank melakukan pengamatan pada orang yang minum kopi lebih banyak dan mendapati mereka memiliki risiko kanker.

Baca Juga :   Makanan Pantangan untuk Penderita Ginjal

“Kami tahu skor genetik yang kami lihat meningkatkan kecenderungan untuk minum kopi, tetapi juga meningkatkan kecenderungan untuk minum lebih banyak teh,” kata penulis studi dokter Stephen Burgess tentang kopi panas penyebab kanker dilansir dari CNN Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *