Mengenal BPA, Bahan yg dianggap Berbahaya BPOM

Rembangnews.com – Bahan BPA kini telah menjadi perhatian bagi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI). Pencantuman warning label pun diwajibkan untuk sejumlah produk air minum kemasan berbahan polikarbonat yang berpotensi mengandung BPA.

Aturan ini diterapkan demi meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap risiko larutnya senyawa kimia tersebut dalam produk pangan.

BPA atau bisphenol A sendiri merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik jenis tertentu. Bahan ini sudah dipakai sejak tahun 1950.

Bahan kimia BPA (bisphenol-A) biasa ditemukan dalam plastik polikarbonat yang biasanya digunakan sebagai wadah tempat menyimpan makanan dan minuman, termasuk air minum dalam kemasan (AMDK). BPA juga dapat digunakan dalam barang-barang konsumsi lainnya.

Baca Juga :   Inilah Doa Ziarah Kubur Beserta Artinya

Sekarang ini, plastik yang mengandung BPA banyak digunakan dalam wadah makanan, botol minum, hingga botol susu bayi, dan barang lainnya. BPA juga dipakai membuat resin epoxy, yang kemudian diletakkan di lapisan dalam wadah makanan kaleng, dengan tujuan menjaga agar logam tidak berkarat dan pecah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *