Mengenal MPLS yang Dilakukan Saat Tahun Ajaran Baru

Rembangnews.com – Pada setiap masuk sekolah pada awal tahun ajaran baru, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) akan dilaksanakan.

MPLS sendiri merupakan nama lain dari masa orientasi siwa (MOS) atau juga yang disebut masa orientasi peserta didik baru (MOPD).

Kata MPLS lebih sering digunakan sejak ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Di mana, istilah MOS dan MOPD pun diubah menjadi MPLS.

Kegiatan MPLS sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Hampir setiap sekolah negeri dan swasta dari tingkat SMP dan SMA melaksanakan MPLS ini untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

Baca Juga :   Alasan Jenderal Andika Turunkan Batas Tinggi Penerimaan Taruna

Sedangkan di perguruan tinggi, kegiatan seperti itu biasa disebut opsek.

Kegiatan dalam MPLS biasanya dijadikan cara untuk siswa dapat melatih ketahanan mental, disiplin, serta mempererat tali persaudaraan antar siswa.

Tak hanya itu, MPLS juga menjadi sarana perkenalan siswa dengan lingkungan baru di sekolah, biasanya meliputi perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu, dan juga kegiatan yang ada di lingkungan sekolah.

Penyelenggara MPLS biasanya adalah panitia yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan guru sebagai pengawas.

Namun ada juga sedikit sekolah yang panitia MPLS adalah guru. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *