Kebiasaan Makan Ternyata Bisa Bantu Perlambat Penuaan

Rembangnews.com – Memiliki keriput dan tanda penuaan lainnya menjadi hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Untuk mencegah hal itu terjadi, beberapa orang terkadang menghabiskan banyak uang.

Namun tahukah Anda jika ternyata kebiasaan makan Anda bisa membantu memperlambat penuaan. Meskipun mengalami penuaan merupakan hal yang tak bisa dicegah, namun ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk perlambat penuaan.

Berikut ini empat kebiasaan makan yang bisa diterapkan untuk cegah penuaan berdasarkan Eat This.

Pertama, diet Mediterania. Seperti namanya, diet ini banyak diterapkan orang-orang di kawasan Mediterania, seperti Italia dan Yunani yaitu dengan membatasi konsumsi makanan olahan dan gula tambahan.

Diet ini menggabungkan buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam pola makan. Bagi orang-orang yang menjalani diet Mediterania bisa memakan ikan. Akan tetapi, fokus utama dari makanan ini adalah nabati.

Baca Juga :   7 Masker Alami untuk Bantu Atasi Jerawat dan Bruntusan pada Kulit

Manfaat dari pola ini yaitu untuk memperlambat penurunan kognitif. Hal ini sesuai dengan penelitian Advances in Nutrition Journal yang diterbitkan pada 2015 yang lalu.

Menurut penelitian, diet Mediterania ini juga dapat mengurangi risiko demensia, Alzheimer, dan penuaan kognitif seiring pertambahan usia.

Penelitian lain juga mengungkap bahwa pola makan ini membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif.

Kedua, makan makanan yang mengurangi peradangan. Peradangan memang bisa mempercepat proses penuaan.

Berdasarkan analisis, didapati manfaat omega-3 untuk membantu mengurangi peradangan seiring bertambahnya usia. The British Journal of Nutrition juga melakukan penelitian yang menunjukkan omega-3 bisa membantu mengurangi peradangan seiring bertambahnya usia.

Hal tersebut bisa dirasakan apabila kita mengonsumsi omega-3 bersamaan dengan biji-bijian, serat, buah, dan sayuran.

Baca Juga :   Jelang Iduladha, Pencegahan Antraks Penting Dilakukan

Ketiga, menerapkan pola makan seimbang. Banyak yang biasanya memilih mengonsumsi suplemen nutrisi ketika mengalami usia yang lebih tua.

Namun berdasarkan beberapa penelitian, diet seimbang yang menggabungkan banyak nutrisi lebih efektif dibandingkan mengonsumsi suplemen nutrisi.

Sebaiknya, Anda justru mengonsumsi semua zat gizi makro dan mikro melalui berbagai makanan. Yaitu mulai dari biji-bijian, lentil, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan lain-lain.

Faktor pola makan juga memiliki berkontribusi dalam proses penuaan. Karena alasan itulah, cara memperlambat penuaan pada kulit bisa dilakukan dengan memperhatikan pola makan. Seperti mengonsumsi nutrisi, vitamin, dan mineral menurut laporan yang diterbitkan di Nutrients.

Lalu vitamin B juga bisa membantu mengurangi peradangan dan pigmentasi, vitamin C membantu sintesis kolagen, dan air berguna menghidrasi kulit serta mengurangi peradangan dan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga :   Atasi Asam Lambung dengan 10 Makanan Berikut

Anda juga harus mengurangi atau berhenti total dari kebiasaan merokok, minum alkohol, makan makanan tinggi lemak, dan gula tambahan terkait dengan penuaan dan cepatnya kerusakan kulit. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *