Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) Kembali Digelar

Rembangnews.com – Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) yang merupakan festival sastra terbesar Asia kembali digelar offline.

Janet DeNeefe selaku Direktur UWRF mengungkapkan bahwa pihaknya senang bisa menggelar acara ini secara offline setelah dua tahun tak ada karena terhalang pandemi.

“Kami sangat senang untuk penyelenggaran tahun ini, pertama kalinya lagi kami menggelar secara offline dalam waktu dua tahun. Pandemi mengubah hidup kita, termasuk di penyelenggaran UWRF yang harus secara online,” ungkap Janet DeNeefe dalam bahasa Inggris dilansir dari Detik.

Untuk UWRF kali ini akan sedikit berbeda karena akan digelar di tempat yang tak seluas biasanya, namun dengan suasana yang lebih intim dan hangat.

Baca Juga :   Sopir Truk Tambang di Parung Panjang Bogor Demo Aturan Jam Melintas

“Kami tidak tahu akan seberapa banyak orang yang akan datang ke UWRF nanti, tempatnya tidak akan seluas seperti biasanya, tapi kami membuatnya lebih intim dan hangat,” kata Janet.

“Kami menggunakan tempat-tempat seperti taman baca yang ada di Ubud, open space, dan ruang lainnya. Ini selebrasi yang merayakan keberagaman,” lanjut Janet.

Janet mengungkapkan lokasi spesial untuk acara UWRF nantinya adalah perayaan besar di Pura Gunung Lebah, pura luhur yang berlokasi di antara dua sungai di tengah area Campuhan, Ubud.

Tema yang kali ini adalah Memayu Hayuning Bawana, yang mengambil dari filosofi Jawa kuno.

“Kami sebenarnya punya tema lainnya tapi suatu pagi, suami saya mengatakan ‘Kamu harus mengubah tema tahun ini. Suami saya menyebutkan tentang Memayu Hayuning Bawana dan makna di baliknya. Saya katakan oke, sepertinya dia telah membaca sebuah buku,” ungkap Janet.

Baca Juga :   Yayasan Aswirusani Rembang Gelar Berbagai Kegiatan untuk Rayakan Hari Donor Darah Nasional

UWRF 2022 akan dilaksanakan pada 27-30 Oktober 2022. Akan ada 50 panel diskusi dari 150 pembaca di seluruh dunia.

Sastrawan yang hadir ada dari Singaraja, Bali, Putu Oka Sukanta. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *