Kegunaan Cuka Apel, Turunkan Kadar Gula Darah hingga Obati Eksim

Rembangnews.com – Cuka apel memiliki segudang manfaat bagi manusia. Dari mulai menurunkan kadar gula darah hingga bisa mengobati eksim.

Cuka apel pun termasuk ke dalam bahan yang mudah ditemukan, sehingga Anda sangat mungkin untuk menggunakan bahan ini.

Berikut ini kegunaan cuka apel.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Cuka apel juga membantu menurunkan kadar gula darah. Menghindari karbohidrat dan gula memang salah satu cara yang paling sehat untuk mengatur kadar gula darah, namun cuka apel juga bisa jadi alternatif lain.

Berdasarkan penelitian, cuka apel berkhasiat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 19 sampai 34% dengan makanan tinggi karbohidrat, serta dapat menurunkan gula darah dan respons insulin secara signifikan.

Baca Juga :   Cara Mudah Isi Saldo e-Toll via Ponsel

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada lima orang sehat, cuka dapat mengurangi gula darah hingga 31,4% setelah mengonsumsi 50 gram roti putih. Ada juga penelitian yang mengungkap bahwa cuka dapat meningkatkan fungsi insulin.

Membantu Pengobatan Diabetes

Percaya atau tidak, cuka ternyata bisa membantu mengobati diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 umumnya ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

Sedangkan cuka apel bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Penelitian mengungkap mengonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur pada penderita diabetes dapat mengurangi gula darah puasa sebesar 4% pada keesokkan paginya.

 Membantu Berat Badan Turun

Baca Juga :   Manjakan Penumpang dengan Pemandangan Indah, Ini Jadwal Operasi Kereta Panoramic

Jika Anda kewalahan berdiet, mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi cuka apel. Karena cuka apel membantu penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan cuka dapat meningkatkan rasa kenyang, hal ini dapat membuat orang yang mengonsumsi cuka mendapat asupan kalori yang sedikit dan membantu menurunkan berat badan.

Cuka apel hanya mengandung tiga kalori per sendok makan, jumlah yang sanagat rendah. Namun yang perlu diingat bahwa program penurunan berat badan yang baik adalah dengan diet seimbang dengan gaya hidup sehat.

Mengobati Eksim dan Kulit Kering

Cuka apel juga berguna untuk kulit yaitu mengobati eksim dan kondisi kulit kering. Kulit secara alami punyai asam, sedangkan sari cuka apel dapat membantu menyeimbang kembali pH serta meningkatkan perlindungan kulit.

Baca Juga :   Inilah Doa Ziarah Kubur Beserta Artinya

Sari cuka apel juga dapat membantu mencegah infeksi pada eksim dan berbagai kondisi kulit lainnya. Namun, jangan pernah mengoleskan cuka apel murni pada kulit karena dapat menyebabkan luka bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *