Cara Menjawab Adzan dan Doa Usai Mendengarnya

Rembangnews.com – Tak hanya dianjurkan untuk membaca doa usai mendengar adzan, umat Islam juga dianjurkan menjawab seruan adzan.

Dalam sebuah hadist disebutkan cara bagaimana umat Islam harus menjawab saat adzan dikumandangkan. Yaitu dengan mengucapkan lafal sama seperti yang diucapkan muadzin. Hal ini disarkan pada hadist berikut.

“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Aurasi Google Maps Agar Tidak Nyasar

Dalam riwayat lain yaitu hadits hasan riwayat Imam Ibnu Khuzaimah, Imam al-Hakim, Imam al-Nasai, Imam Ahmad, dan Imam Abu Ya’la juga menyebutkan mengenai hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *