Festival Thong-Thong Lek Resmi Pindah ke Alun-Alun, Dinbudpar Jelaskan Alasannya

Rembang, Rembangnews.com – Sempat diwacanakan pindah dari Taman Kartini, kini festival Thong-Thong Lek sudah resmi diganti ke kawasan Alun-Alun Rembang.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Mutaqin pun mengungkapkan alasan pemindahan tersebut.

Hal utama adalah terkait kenyamanan dan ekonomi. Pihak pemerintah mengantisipasi adanya pengunjung yang membludak, sehingga disiapkanlah tempat yang lebih luas.

Selain itu, tempat bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) juga akan lebih luas.

“Faktor kenyamanan dan ekonomi menjadi pertimbangan utama kami mas. Kami bicara dengan pak Kasat Intel Polres Rembang, sudah ok,” jelasnya.

Pihaknya juga menginformasikan jika gelaran festival Thong-Thong Lek dirubah menjadi tanggal 16 April 2023 dikarenakan tanggal 17 April bertepatan dengan malam ganjil Ramadan yang dikhawatirkan akan mengganggu jemaah yang mengejar Lailatul Qadar di Masjid Agung.

Baca Juga :   Hari Bhayangkara ke-78 Dimeriahkan Atraksi dan Parade

“Biar lebih harmonis, jangan sampai di Masjid ada kegiatan menyambut malam lailatul Qadar, kita malah ramai-ramai thong-thong lek. Hasil komunikasi kami dengan pak Athoillah (Takmir Masjid Agung), juga sudah ok,” tandasnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan dalam gelaran acara tersebut ada 19 grup yang mendaftar. Temu teknis dengan peserta pun telah dilakukan untuk membahas kesepakatan jenis peralatan maupun materi penilaian.

“Untuk peralatan arahnya tradisional, kenthongan dari bambu yang utama. Nanti kalau ada tambahan alat pukul ya semacam perkusi mas, sedangkan penilaian ada 3 unsur yakni aransemen, vokal dan koreografi. Koreografi kita masukkan, biar lebih menarik, sinergi dengan gerak dan irama,” pungkas Mutaqin. (*)

Baca Juga :   Jessica Iskandar Jual Rumah untuk Bayar Utang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *