Menanti Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan 2023

Rembangnews.com – Saat berpuasa Ramadan, umat Islam tentu akan menanyakan tentang malam Nuzulul Quran? Malam Nuzulul Quran adalah salah satu malam yang paling dinantikan. Ada banyak berkah dan pahala berlimpah malam di bulan Ramadan ini. Umat ​​Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan pada malam Nuzulul Quran.

Seperti yang telah diketahui bahwa Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam. Tidak hanya itu, Al Quran juga menjadi pedoman dan pegangan dasar bagi kehidupan umat muslim di dunia. Proses turunnya Al Quran sendiri terbagi menjadi dua tahap, yaitu :

  1. Al Quran turun secara lengkap pada malam Lailaturqadar dari Lauh Mahfudz ke langit dunia

  2. Kemudian Al Quran turun ke Nabi Muhammad secara bertahap atau berangsur-angsur

Turunnya Al Quran menjadi du periode, yaitu periode Mekkah yang di sebut ayat atau surah Makkiyah. Kemudian periode Madinah yang di sebut dengan ayat atau surah Madaniyah.Pada puasa tahun ini Nuzulul Quran jatuh pada Sabtu, 8 April 2023. Ada banyak alasan mengapa malam Nuzulul Quran menjadi malam yang istimewa bagi umat Islam. Selain menjadi malam turunnya Al-Qur’an, Ramadan juga menjadi hari penting. Salah satunya di jelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Anfal ayat 41:

Baca Juga :   Situs yang Cocok Dipakai untuk Freelance Desain

وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

“Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami [Muhammad] di hari Furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Beberapa ulama mengartikan kata “yaumul furqa” sebagai bertemunya antara dua pasukan, yaitu pasukan Muslim dan pasukan kafir Quraisy. Pertemuan tersebut berlangsung tepat pada tanggal 17 Ramadan. Amalan apa saja yang dapat kamu lakukan saat malam Nuzulul Quran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *