Pemkab Rembang Gelar Lomba Semarakkan Hari Kartini

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menggelar berbagai lomba pada Rabu (12/4/2023) dalam rangka menyemarakkan Hari Kartini 2023.

Lomba terdiri dari karawitan dan membatik yang digelar di pendapa museum RA Kartini Rembang. Partisipan berasal dari sanggar hingga sekolah.

Lomba karawitan diikuti oleh 11 kelompok, dimana masing-masing terdiri dari 20 pengrawit. Sedangkan lomba membatik diikuti oleh 45 pelajar.

Gelaran lomba dibuka dengan penampilan gendhing pembuka Kebo Giro dan Lancaran Gugur Gunung Pelog Barang dari pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang.

Kepala Dinbudpar Rembang, Muttaqin mengatakan bahwa gelaran lomba dilakukan dalam rangka melestarikan budaya karawitan, sebab RA Kartini pada masanya menyukai karawitan dan membatik.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Heran Pejabat yang Liburan ke Luar Negeri dan Pamer di Ig

“Digelarnya lomba ini tidak untuk menghidupkan, karena karawitan di Rembang tidak pernah mati, melainkan tujuannya mengembangkan dan melestarikan. Disamping mengenang jasa beliau, suka membatik, karawitan, mainan anak kecil,” ujarnya.

Salah satu lagu yang dilombakan yakni gendhing Ginonjing yang sangat disukai oleh RA Kartini.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz mengatakan bahwa lomba membatik menjadi salah satu cara melestarikan dan meningkatkan kemampuan membatik sejak dini. Sebab batik tulis Lasem sendiri sudah menembus pasar ekspor.

“Untuk itulah lomba membatik di tingkat SMP dan SMA, karena jika tidak diajari dari sekarang tidak cinta pasti anak- anak tidak mau untuk belajar membatik,” jelasnya.

Baca Juga :   Dua Desa di Rembang Akan Gelar Pilkades PAW

Sedangkan lomba karawitan sendiri diharapkan dapat menjadi sarana mengenalkan generasi muda terhadap karawitan.

Lomba rencananya tak hanya digelar pada hari ini, melainkan juga pada Kamis (13/4/2023) untuk lomba tari orek- orek dan dolanan anak tradisional. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *