Ingat! Inilah 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C: Berat Badan Bertambah

Rembangnews.com – Ada beberapa tanda yang ditunjukkan tubuh saat kekurangan vitamin C. Tanda-tanda tersebut biasanya dikaitkan dengan penurunan kesehatan. Memang, jika tubuh kekurangan vitamin C, kamu dapat mengalami sejumlah masalah kesehatan. Mengingat zat ini sangat penting bagi tubuh.

Vitamin C memang merupakan vitamin esensial. Jika makanan yang mengandung vitamin C tidak dikonsumsi dengan baik, dapat dipastikan kamu kekurangan vitamin ini. Padahal, tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Kamu dapat mendapatkan nutrisi tersebut dari berbagai buah dan sayuran segar. Cukup tambahkan buah dan sayuran ke setiap makanan. Maka tubuhmu tidak akan pernah kekurangan vitamin C. Siapapun bisa mengalami kekurangan vitamin C. Hal ini tentu saja cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Saat kekurangan Vitamin C, hal yang paling umum terjadi adalah tubuh menjadi kurang sehat dan terasa lemas.

Baca Juga :   Inilah 12 Manfaat dari Biji Mahoni yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya itu, jika kamu kekurangan vitamin C secara serius, masalah kulit juga akan muncul. Hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan karena dapat merusak rasa percaya diri kamu. Berikut adalah beberapa tanda kekurangan vitamin C dalam tubuh:

  1. Luka akan lama sembuh

Vitamin C berperan penting dalam penyembuhan luka. Tubuhmu membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang berperan dalam penyembuhan dan perbaikan kulit. Ketika kadar vitamin C  tubuh rendah, produksi kolagen terhambat.

  1. Gusi berdarah, mudah memar dan mimisan

Vitamin C menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain itu vitamin C juga dapat membantu pembekuan darah. Kolagen juga penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Satu studi menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi yang makan jeruk bali selama 2 minggu mengalami penyembuhan bertahap pada gusi mereka.

  1. Berat badan naik

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara kadar vitamin C yang rendah dan kadar lemak tubuh yang lebih tinggi, terutama lemak perut. Vitamin ini juga mempengaruhi seberapa baik tubuh membakar lemak untuk energi.

  1. Kulit kering dan keriput

Orang yang mengonsumsi makanan sehat dengan vitamin C cenderung memiliki kulit yang lebih lembut dan halus. Hal ini terjadi karena vitamin C merupakan antioksidan. Vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Hal itu juga dapat memecah minyak, protein dan bahkan DNA.

  1. Mudah sakit

Vitamin C memiliki fungsi yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Jadi jangan heran jika kamu akan mudah sakit karena kekurangan vitamin C. Ada bukti bahwa vitamin C membantu melindungi kamu dari penyakit seperti pneumonia dan infeksi kandung kemih. Bahkan dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan kanker tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *