Hati-Hati, Inilah 5 Tanda Terlambat Haid Akibat Stres

Rembangnews.com – Terlambat haid seringkali menjadi tanda bahwa seorang wanita sedang hamil. Namun, bukan berarti kondisi ini selalu berkaitan dengan kehamilan. Hal ini karena banyak kondisi medis lain, seperti stress juga dapat menyebabkan telat haid. Perlu kamu ketahui bahwa stres dapat memengaruhi bagian otak yang mengatur hormon dan siklus menstruasi. Jika hal ini berlangsung lama, tentu dapat mengganggu siklus menstruasi. Perlu kamu ketahui bahwa pada umumnya wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Namun biasanya memakan waktu sekitar 21-35 hari.  Seseorang dikatakan terlambat haid jika siklusnya berlangsung lebih dari 35 hari. Apa saja tanda-tanda terlambat haid yang disebabkan oleh stres? Daripada bertanya-tanya, mari langsung saja simak ulasan berikut ini:

  1. Telat haid lebih dari 5 hari

Apakah haid kamu sering terlambat lebih dari 5 hari? Ternyata penyebab umum terlambat haid lebih dari 5 hari adalah stres. Saat kondisi ini terjadi, disarankan untuk tidak stres. Tidak ada salahnya jika ingin memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

  1. Sakit kepala

Selain hal di atas, haid telat karena stres ditandai dengan sakit kepala. Secara umum, stres sering menyebabkan migrain atau sakit kepala. Tak hanya itu, stres juga dapat menyebabkan nyeri tubuh berupa ketegangan otot. Jadi jika kamu mengalami sakit kepala dan sakit punggung saat terlambat haid, kemungkinan besar karena stres.

  1. Pencernaan tidak lancar

Gangguan pencernaan juga merupakan gejala telat haid akibat stres. Hal tersebut terjadi karena perut menjadi salah satu bagian tubuh yang terkena stres. Menurut psikiater New York bernama Gail Saltz MD, tubuh meningkatkan sistem saraf parasimpatis selama stres. Hal ini juga dapat memperlambat sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lambat ini menyebabkan masalah  pencernaan. Oleh karena itu, kamu sering mengalami peningkatan asam lambung, nyeri perut, mual, dan kembung saat stres.

  1. Jadwal tidur yang kacau

Tanda-tanda telat menstruasi akibat stres adalah jadwal tidur yang terganggu. Meski belum diketahui secara pasti apakah susah tidur menyebabkan stres atau stres menyebabkan susah tidur, namun pada dasarnya hal itu bermula dari keseimbangan hormonal. Hormon secara biologis dirancang membuatmu terjaga dan membuat sistem saraf merespons dengan fight-or-flight. Ketika sistem saraf tidak tenang, kemungkinan besar akan mengalami sulit tidur dan berkontribusi memicu telat haid.

  1. Perubahan suasana hati

Mood swing adalah perubahan suasana hati, seperti berubah dari senang menjadi tiba-tiba sedih. Perubahan suasana hati ternyata juga dapat menjadi gejala terlambat haid akibat stres. Hal ini dapat kamu atasi dengan perubahan gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat  dan istirahat yang cukup.

  1. Perubahan nafsu makan

Ciri telat haid karena stres adalah perubahan nafsu makan. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu ingin makan setiap saat mendekati jadwal mesntruasi. Tak hanya itu, kurang nafsu makan juga menjadi salah satu penyebab terlambat haid karena stres. Ketidakseimbangan hormon menyebabkan telat datang bulan dan juga mempengaruhi nafsu makan.

Baca Juga :   Gejala Tipes dan Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *