Pemkab Rembang Berupaya Tekan Dampak El Nino dengan Salurkan Bantuan Beras

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berupaya menekan dampak El Nino dengan menyalurkan bantuan beras.

Penyaluran sendiri sudah mulai dilakukan perdana pada Senin (11/9/2023) dengan menyasar tiga desa di Lasem yaitu Desa Sendangcoyo, Tasiksono dan Ngemplak.

Sedangkan penerima bantuan merupakan mereka yang masuk sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di data Program Keluarga (PKH).

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang Dyah Ajeng Trenggonowati mengatakan bahwa beras yang diberikan kepada masing-masing KPM adalah 10 kilogram dengan kualitas medium.

Pihaknya pun memastikan jika beras yang diberikan memiliki kualitas layak konsumsi.

“Kemudian mengecek kualitas mutu kualitas beras tersebut apakah layak dikonsumsi atau tidak. Jika ada beras yang sudah kuning, apek, tidak layak itu kami konfirmasi ke bulog dan bulog akan mengganti dengan beras yang layak konsumsi,” terangnya.

Baca Juga :   Gencarkan Promosi Tempat Wisata, Pemkab Rembang Kenalkan Website Museum Kartini

Ada sebanyak 710 KPM yang menerima bantuan cadangan pangan tersebut. Dimana sebanyak 7.100 kg beras diberikan kepada 95 KPM dari Desa Tasiksono, 370 KPM berasal dari Desa Sendangcoyo dan 245 KPM untuk Desa Ngemplak.

Sedangkan jumlah total penerima bantuan cadangan pangan ini sebanyak 72.977 KPM. Penyaluran pun ditargetkan selesai dalam satu minggu ini.

“Untuk bulan September penerimanya jumlahnya 72.977 KPM. Kemudian bulan Oktober dan November juga sama,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *