Penyandang Disabilitas di Rembang Ikuti Pelatihan Komputer

Rembang, Rembangnews.com – Para penyandang disabilitas di Rembang mengikuti pelatihan komputer selama 33 hari.

Pelatihan itu digelar oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Rembang. Materi yang diajarkan adalah mengenai aplikasi komputer seperti pengolah kata, lembar sebar, pembuatan presensi hingga mengolah gambar.

Ada dua instruktur yang disiapkan untuk membimbing para peserta. Mereka mengajar menyesuaikan dengan kondisi peserta. Misalnya dengan manggunakan alat bantu sulih suara seperti Google Voice untuk membantu peserta tuna rungu dan wicara.

Kepala Jurusan TIK UPT BLK Rembang, Zennu Arifianto mengatakan ada total 16 peserta yang terdiri dari tuna rungu, tuna wicara, dan ada yang usianya sudah 40 tahun ke atas.

Baca Juga :   Program Lomba Bebas Jentik Inisiasi Dinkes Rembang

Pihaknya pun berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan ketrampilan kepada mereka.

“Harapannya setelah pelatihan ini, peserta ini bisa membuat proposal sendiri.  Yang punya usaha bisa membuat pembukuan sederhana,” ujarnya.

Mayoritas peserta yang mengikuti pelatihan adalah mereka yang belum pernah belajar komputer. Sehingga pembelajaran dilakukan dari nol.

Sebagai informasi, pelatihan yang digelar bersifat gratis dan peserta yang ikut mendapatkan makan, seragam dan uang transport dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang yang menunjuk BLK Rembang sebagai pelaksana pemberi pelatihan. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *