Antisipasi Banjir, Pembersihan Aliran Sungai Dilakukan pada Tiga Desa di Rembang

Rembang, Rembangnews.com – Pembersihan aliran sungai dilakukan untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba.

Ada tiga desa yang telah melakukan pembersihan aliran sungai. Hal itu diungkapkan oleh Camat Rembang, Abdur Rouf. Tiga desa itu adalah Desa Pulo, Desa Gedangan, dan Gegunung Kulon.

Warga Desa Pulo tak hanya melakukan pembersihan aliran sungai, namun juga melakukan penanaman pohon mangrove untuk mencegah bantaran sungai longsor.

Pohon mangrove yang ditanam merupakan bantuan bibit yang berasal dari Desa Purworejo Kecamatan Kaliori yang diusahakan oleh Forkopimcam.

“Alhamdulillah kemarin dapat bantuan bibit mangrove dari Desa Purworejo Kecamatan Kaliori yang diusahakan oleh Forkopimcam. Karena sepanjang sungai ini kan sering longsor, sehingga untuk menahan abrasi,” jelasnya.

Baca Juga :   Satgas Covid-19 Rembang Layani Penyemprotan Desinfektan

Sedangkan pembersihan di Desa Gedangan dilakukan selama satu minggu menggunakan alat berat untuk mengeruk sungai. Kegiatan ini didanai dari APBDesa.

“Normalisasi sungai Desa Gedangan ini dilakukan sepanjang hulu sampai hilir ke arah Desa Tireman. Harapan saya Desa Tireman bisa mengikuti kegiatan serupa untuk antisipasi banjir seperti tahun kemarin,” ujarnya.

Kemudian di Kelurahan Gegunung Kulon juga melakukan pembersihan aliran sungai menggunakan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTARU), khususnya di titik muara sungai.

Abdur Rouf mengatakan alat berat tersebut awalnya dipakai untuk pembangunan jembatan. Namun kemudian dipergunakan untuk melakukan pembersihan muara sungai.

“Ada pembangunan jembatan penghubung Pantiharjo Kecamatan Kaliori dengan Gegunung Kulon Kecamatan Rembang, jadi saat pembongkaran jembatan yang lama, alat beratnya sekalian membersihkan muara sungai yang tidak bisa dilalui air karena terendam pasir, dan penuh sampah,” ungkap mantan Camat Lasem itu. (*)

Baca Juga :   Perkawinan hingga Kekerasan pada Anak Masih Jadi Atensi Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *