Buat Tidak Sabar, Inilah Bocoran iPhone 16

Rembangnews.com – Inilah bocoran menegnai iPhone 16 series.

Pada tahun 2023 ini, Apple meluncurkan gawai terbarunya yakni iPhone 15 series.

Setelah 3 bulan semenjak perilisan series terbaru, kini muncul rumor mengenai spesifikasi – spesifikasi apa saja yang ada pada iPhone 16 series yang akan rilis pada 2024 nanti.

Salah satu bocorannya yakni desain layer punch hole yang gantikan Dynamic Island.

Dynamic Island muncul pada series iPhone 14, yang kemudian ramai diperbincangkan oleh penikmat gawai Apple karena desain uniknya yang jadi tempat kamera depan dan sensor Face ID.

Jika hal ini benar, tentu saja ini akan menjadi perubahan besar pada perangkat milik Apple tersebut.

Tak hanya itu saja, tentunya banyak analisis yang berbeda antar pengamat teknologi.

Baca Juga :   Rekomendasi Perangkat Penunjang Mahasiwa

Seperti apa yang dijelaskan oleh Ross Young dari Display Supply Chain Consultants (DSCC).

Dia berpendapat bahwa iPhone 16 series nanti akan tetap menggunakan Dynamic Island.

Young juga mengatakan bahwa model ini akan bertahan hingga tahun 2025 mendatang.

Keempat model iPhone 16 pada 2024 mendatang kabarnya akan menggunakan chipset di bawah nama A18. Model iPhone 16 dan 16 Plus akan memakai A18, sementara model iPhone 16 Pro dan Pro Max menggunakan A18 Pro.

Seperti diketahui, untuk diferensiasi antara model reguler dan pro, Apple memberikan generasi SoC yang berbeda sejak 2022 lalu. iPhone 14 dan 14 Plus kala itu menggunakan A15 Bionic, sedangkan iPhone 14 Pro dan Pro Max tersemat A16 Bionic.

Begitu pula dengan ponsel Apple tahun ini, meskipun agak sedikit berbeda. iPhone 15 dan 15 Plus diotaki oleh A16 Bionic, yang sebelumnya dipakai di iPhone 14 Pro, sementara iPhone 15 Pro dan Pro Max mengusung SoC baru A17 Pro.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2023

Prediksi untuk generasi iPhone 16 mendatang skema penggunaan SoC ponsel Apple tersebut kabarnya bakal berubah. Apple akan sama-sama memakai nama A18 tapi chipset tersebut dibedakan antara model reguler dan pro.

Terlepas itu, A18 dan A18 Pro juga akan memanfaatkan teknologi proses yang sama yakni N3E 3nm generasi baru dari TSMC. N3E tersebut dikatakan punya biaya produksi yang lebih murah dengan yield lebih tinggi dibandingkan N3B, teknologi proses 3nm untuk memproduksi A17 Pro.

Perubahan tersebut juga menandakan lompatan besar bagi model reguler dan plus, yang pada generasi iPhone 15 memakai chipset A16 Bionic (5nm). Kendati demikian, untuk sementara belum diketahui apa perbedaan antara A18 dan A18 Pro.

Baca Juga :   Lindungi Privasi Pengguna, Whatsapp Luncurkan Fitur Baru

Seri iPhone 16 Pro juga dikabarkan akan mengadopsi lensa kamera yang lebih tipis dan ringan, yang meningkatkan kemampuan zoom optiknya.

iPhone 16 Pro kemungkinan akan menggunakan lensa kaca yang dirancang khusus untuk mengurangi ketebalan dan bobot tonjolan kamera, sambil meningkatkan jarak zoom optiknya.

Sebelumnya, beredar laporan yang menyebutkan bahwa iPhone 16 Pro akan memiliki kamera Telefoto 120 mm, kemungkinan karena ukuran perangkat yang dilaporkan lebih besar. Penggunaan lensa kaca yang dirancang secara khusus ini diharapkan membantu dalam rencana itu, karena lensa tersebut memiliki ketebalan dan berat yang lebih ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *